alexametrics

Asiknya Belajar Sistem Imun melalui Live Streaming dengan Media Jitsi Meet

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dalam pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Mewabahnya Covid-19 tidak memungkinkan pembelajaran dilakukan di dalam kelas. Sesuai Surat Edaran Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 443.2/08991 tanggal 15 Maret 2020 telah disampaikan bahwa proses belajar mengajar dialihkan secara mandiri di rumah masing-masing siswa dengan model jarak jauh melali system online/daring.

Proses pembelajaran daring tidak boleh dilakukan secara kelompok disalah satu tempat (tidak boleh menerapkan pola belajar kelompok), melatih kemandirian, tidak menimbulkan kecemasan/ kepanikan, sehingga salah satu tujuan pembelajaran daring yaitu mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 dapat diwujudkan. Oleh karena itu untuk melaksanakan pembelajaran daring diperlukan strategi penggunaan media yang salah satunya menggunakan suatu media yang bersifat interaktif. Seperti yang diterapkan di SMAN 1 Kendal.

Baca juga:  Aktifkan Kelas dengan Bermain Peran Ampuh Tingkatkan HB

Jitsi Meet merupakan aplikasi yang digunakan untuk video confrence yang memiliki fitur chat, share desktop dan share URL video dari Youtube, sehingga Jitsi Meet mampu menghadirkan pembelajaran secara interaktif live streaming. Jitsi Meet merupakan aplikasi berbasis Android, IOS, Windows, Linux dan Mac Os X.

Pembelajaran Biologi dengan menggunakan media jitsi meet dilakukan secara live streaming (cara mengajar online) pada materi yang tertuang pada Permendikbud No. 24 tahun 2016 yang terdapat pada K.D. 3.14 Menganalisis peran sistem imun dan imunisasi terhadap proses fisiologi di dalam tubuh dan K.D. 4.14 Melakukan kampanye pentingnya partisipasi masyarakat dalam program dan immunisasi serta kelainan dalam sistem imun.

Penggunaan model live streaming dengan memanfaatkan media jitsi meet dilakukan antara guru dan peserta didik yang berada di rumah masing-masing dapat melakukan komunikasi interaktif, bahkan antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya juga mampu berkomunikasi. Guru mampu menampilkan video pembelajaran tentang system imun , baik itu video diambil dari internet ataupun guru membuat video pembelajaran sendiri yang akan disampaikan oleh peserta didik melalui jitsi meet. Selain itu, guru mampu menampilkan hasil PPT system imun yang kemudian disisipkan dalam media jitsi meet dan peserta didik mampu mendengar dan melihat apa yang disampaikan oleh guru.

Baca juga:  Yoh Iso Yoh! Saksikan PSIS vs Persela Nanti Sore, Bisa lewat Live Streaming

Penggunaan media jitsi meet pada materi system imun sangat menarik bagi peserta didik , apalagi dengan mewabahnya virus Covid-19 sangat erat kaitannya dengan materi tersebut. Peserta didik mampu berdiskusi tentang fisiologis system imun pada tubuh manusia sehingga mampu menganalisis cara pencegahan agar terhindar dari virus Covid-19. Guru dapat menerangkan dengan mengunakan media gambar sel sel yang terlibat dalam system imunitas antara lain sel B. sel T, makrofag dan sel pembunuh alami (natural killer). Mekanisme dari system pertahanan tubuh , baik respon imunitas humoral maupun respon imunitas selluler dapat diterangkan guru secara langsung melalui media jitsi meet.

Penggunaan jitsi meet secara live streaming mampu memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan secara langsung dengan cara memilih tanda rise your hand yang terdapat pada aplikasi jitsi meet, sehingga guru dapat mengetahui peserta didik mana yang bertanya kemudian guru menjelaskan secara langsung dengan menyisipi gambar atau video sesuai pertanyaan yang disampaikan peserta didik.

Baca juga:  Menyanyi Memudahkan Belajar Matematika Materi Bangun Ruang

Pembelajaran online ini menjadikan guru tidak focus dalam memberikan tugas online, namun lebih mengedepankan interaksi antara guru dan peserta didik sebagaimana kegiatan sekolah pada biasanya. Selain itu, mampu menerapkan kebijakan social distance (berjaga jarak) dalam pembelajaran, karena tidak ada tuntutan dalam mengerjakan tugas. Pembelajaran online dengan jitsi meet juga dapat menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik, saling memotivasi, mempererat hubungan dan saling membahagiakan.

Penggunaan jitsi meet secara live streaming merupakan salah satu multimedia interaktif yang dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran, tampilan multimedia interaktif ini memenuhi fungsi menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik dan bersifat interaktif. (pgn1/zal)
Guru Biologi SMAN 1 Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya