alexametrics

Meningkatkan Ketrampilan Menulis Teks Prosedur melalui Discovery Learning

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Permasalahan yang sering muncul pada pembelajaran menulis yaitu sering berfokus pada hasil, bukan mengembangkan ide dalam proses menulis. Leki (1996) menyatakan bahwa tujuan dari aktifitas menulis bagi siswa adalah untuk menangkap kesalahan tata bahasa (grammar), ejaan (spelling), dan tanda baca (punctuation). Pada siswa kelas XI Multimedia SMKN 11 Semarang pada awal semester genap 2019-2020 merasa kurang tertarik menulis karena selama ini keterampilan menulis belum diajarkan dengan tepat.

Materi teks prosedur sangat relevan dengan kemajuan teknologi, yang menuntut orang-orang sekarang menggunakan atau memanfaatkan teknologi informasi (TI) dalam hidupnya. Beberapa piranti elektronik (TI) biasanya dilengkapi dengan buku petunjuk atau manual yang ditulis dalam bahasa asing sehingga kemampuan memahami instruksi instruksi sederhana tersebut penting. Memahami instruksi instruksi sederhana (describing process) adalah membahas tentang teks prosedur.

Baca juga:  Media WhatsApp Memotivasi Siswa Meningkatkan Ketrampilan Menulis Bahasa Inggris

Menurut Anderson (1997) Procedural text is piece of text that gives us instructions for doing something. Tujuan teks prosedur yaitu menggambarkan bagaimana sesuatu dilakukan atau diselesaikan melalui tahap tahap tertentu. implementasi dari pembelajaran Bahasa Inggris mengenai memahami instruksi instruksi sederhana. Penulis kemudian mendesain pembelajaran menulis yang mengaplikasikan ilmu tata bahasa (grammar) dalam konteks EFL (English as Foreign Language) akan lebih berarti dan mencoba memberi aktifitas menulis yang terukur dan menyenangkan. Aktifitas tersebut berfungsi sebagai alat pemandu bagi siswa agar dapat menghasilkan tulisan yang benar atau disebut dengan “guided writing”. Aktifitas pemandu tersebut berfokus pada panduan penggunaan grammar dalam teks prosedur.

Baca juga:  Tingkatkan Ketrampilan Menulis Puisi melalui Media Kartu Bergambar

Menurut Ruseffendi (2006) metode (mengajar) penemuan adalah metode mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, sebagian atau seluruhnya ditemukan sendiri. Dengan kata lain pembelajaran dengan metode penemuan merupakan salah satu cara untuk menyampaikan ide/gagasan dengan proses menemukan, dalam proses ini siswa berusaha menemukan konsep dan rumus dan semacamnya dengan bimbingan guru. Rangkaian kegiatan dalam proses pembelajaran penemuan merupakan aktivitas dalam berpikir kritis (Rochaminah, 2008).

Menurut Mark dan Kathy (1997: 48) Teks Prosedur adalah teks yang memberitahu pembacanya untuk melakukan sesuatu. Tujuan dari teks prosedur adalah untuk menjelaskan bagaiamana melakukan atau membuat sesuatu Wahidi R (2008). Fungsi sosialnya adalah untuk mendiskripsikan bagaimana sesuatu di kerjakan melalui langkah langkah tertentu. Menyadari pentingnya memahami manual dan prosedur, terutama di era teknologi seperti sekarang ini. Ketika siswa mendapati manual atau langkah langkah tertentu dalam bahasa Inggris, pengetahuan ini akan sangat bermanfaat.

Baca juga:  Tingkatkan Ketrampilan Menulis Berhuruf Jawa melalui Media Kertas Warna

Dengan menemukan konsep sendiri, siswa dapat meningkatkan pola berpikir kritis dan kreatif yang akan berdampak positif terhadap hasil belajar. (gml1/ton)

Guru Bahasa Inggris SMKN 11 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya