alexametrics

Pahami Untung-Rugi dengan Role Playing Permainan Jual-Beli

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, USIA siswa SMP kelas VII merupakan usia dimana siswa masih senang bermain, sehingga sedikit banyak mempengaruhi karakteristik siswa dalam proses belajarnya. Dalam bermain juga terjadi proses belajar, seperti merubah tingkah laku, sikap, dan pengalaman.

Matematika termasuk salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa Untuk mengatasi kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika, peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sangatlah diperlukan dengan metode pembelajaran yang membangkitkan motivasi siswa dalam belajar. Untuk dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, perlu adanya kecakapan, pemahaman, inisiatif dan kreativitas dari pihak guru dalam menggunakan model dan media pembelajaran sehingga pesan yang ingin disampaikan dari materi yang diberikan dapat berhasil dengan baik (Mursell dan Nasution, 1995: 3).
Berdasarkan hasil observasi di SMPN 2 Brangsong, materi aritmatika sosial salah satu materi yang kurang diminati oleh siswa, karena metode penyampaian materi masih menggunakan metode ceramah dan diskusi, dimana siswa mendengarkan dan memperhatikan ceramah kemudian diskusi dalam pengerjaan latihan soal bersama guru, sehingga materi pelajaran sulit diterima oleh siswa kelas VII.
Mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan aritmatika sosial dapat disajikan dengan metode Role Playing (bermain peran). Metode pembelajaran ini cocok diterapkan karena dapat mengimplementasikan secara langsung pembelajaran pada kehidupan sehari-hari. Siswa dapat belajar bertanggung jawab, mengambil keputusan dalam situasi kelompok secara spontan, dan merangsang siswa untuk berpikir dalam memecahkan masalah. Selain itu, metode ini dapat melatih siswa untuk berinisiatif, berkreasi, dan bekerja sama.

Baca juga:  Belajar BRSL Materi Esensial melalui Picture and Picture

Metode Role Playing menuntut adanya kecerdasan, ketegasan, dan ketangkasan serta kerja sama dari siswa. Salah satu tujuan diterapkannya metode pembelajaran role playing adalah agar siswa lebih mudah dalam memahami suatu materi pelajaran, merasa senang dalam proses pembelajaran, serta mudah mengingat materi yang telah disampaikan guru.

Langkah-langkah penulis menerapkan metode Role Playing berbantu permainan jual-beli di kelas VIIC SMP N 2 Brangsong pada pembelajaran materi Aritmatika Sosial sebagai berikut: Pertama, guru memberikan materi tentang untung, rugi, dan impas. Kedua, siswa dibagi menjadi 6 kelompok, sehingga terdapat 3 kelompok penjual dan 3 kelompok pembeli. Tugas penjual adalah menjual barang dagangannya sampai habis dan mendapat keuntungan. Selanjutnya, tugas pembeli adalah membeli barang sesuai kebutuhan. Ketiga, guru membagikan alat peraga, seperti: sample uang kertas dan sample barang dagangan. Guru menjelaskan harga awal masing-masing sample barang dagangan dan aturan permainan jual-beli. Siswa diberikan waktu 10 menit untuk berdiskusi dengan teman sekelompoknya. Keempat, siswa melakukan praktek permainan jual-beli yang berlangsung selama 25 menit. Setiap kelompok memainkan peran sesuai dengan pembagian yang telah dilakukan. Pada langkah seperti ini, siswa sangat antusias saat melakukan transaksi jual-beli dan suasana belajar menjadi menyenangkan. Kelima, setelah permainan berakhir, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil yang didapatkan. Kemudian, guru bersama siswa melakukan review tentang hal-hal yang telah dipelajari yang erat kaitannya dengan materi Aritmatika Sosial.

Baca juga:  Tingkatkan Kompetensi Menulis Teks Diskusi Bahasa Inggris lewat Team Assisted Individualization

Dengan metode Role Playing, pembelajaran matematika pokok bahasan aritmatika sosial akan terasa menyenangkan dan lebih bermakna. Siswa lebih cepat memahami materi pokok bahasan. Selain itu, siswa berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompoknya. Nilai-nilai kerja sama antar siswa lebih teruji. Kreativitas siswa termotivasi. Kelas menjadi lebih mengasyikan. Dampak lainnya, hasil belajar siswa semakin meningkat. (ikd1/zal)

Guru Matematika SMPN 2 Brangsong

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya