alexametrics

Pembelajaran Seni Tari Kreasi Tingkatkan Skill Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.Salah satu pengertian pembelajararan dikemukakan oleh Gagne (1977) yaitu pembelajaran adalah seperangkat peristiwa -peristiwa eksternal yang dirancang untuk mendukung beberapa proses belajar yang bersifat internal. Lebih lanjut, Gagne (1985) mengemukakan teorinya lebih lengkap dengan mengatakan bahwa pembelajaran dimaksudkan untuk menghasilkan belajar, situasi eksternal harus dirancang sedemikian rupa untuk mengaktifkan, mendukung, dan mempertahankan proses internal yang terdapat dalam setiap peristiwa belajar. Di sisi lain pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda.

Baca juga:  Teknik Mnemonik Memudahkan Belajar Struktur Teks Bahasa Indonesia

Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memandai, ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar.

Pengertian seni tari secara umum adalah suatu gerakan secara berirama, senada dengan alunan musik dilakukan ditempat dan waktu tertentu untuk mengekspresikan perasaan,maksud dan pikiran serta menyampaikan pesan tersebut melalui seseorang maupun kelompok, Ahli tari Soedarsono mengungkapkan pendapatnya Seni tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan lewat gerak yang indah dan ritmis. Tari berdasar pola garapan dibagi mejadi dua yaitu tari tradisional dan tari kreasi baru,kedua jenis tari tersebut sangatlah berbeda, tari tradisional itu adalah tarian rakyat yang turun temurun, pakem, dan baku aturannya, sedangkan tari kreasi baru adalah tarian tradisional yang dikembangkan bersifat baru dan kekinian bahkan dapat mengikuti perkembangan jaman.Seni tari kreasi baru adalah tari klasik yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman dan diberi nafas Indonesia baru, contoh tari merak, Panji semirang, kupu- kupu, angsa, oleg tambulilingan, dll. Perbedaan kostum dari keduanya adalah lebih mengedapankan unsur bebas, biasanya disesuaikan dengan tema yang dimainkan. Dari segi musik yang dimainkan tari tradisional tetap mempertahankan budaya lama yang memang sangat relevan dengan pemaknaan suatu tari yang dibawakan, sedangkan tari modern lebih kepada seringnya bereksperimen dan selalu berkembang,namun keduanya tetap berada pada karakteristik masing- masing.dalam kesenian kreasi baru dalam setiap gerakannya tidak memiliki makna .Ciri- cirinya tari kreasi baru yang paling umum adalah terdapatnya kekreativitasan klasik yang dikembangkan menjadi menarik dan relevan dengan keadan yang sekarang, Namun meskipun begitu perubahan –perubahan yang dilakukan tidak pula secara keseluruhan para koreografer juga tidak boleh meninggalkan unsur budaya dan makna murni dari tarian itu sendiri nilai- nilai budayanya tetap terjaga, tari kreasi baru memang lebih mudah dipelajari siswa, sehingga lebih disukai siswa karena dari segi gerak maupun musiknya yang lebih menarik.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Materi Cermin dengan Media Papan Dart

Di SMP Negeri 1 Rowosari tepatnya kelas VIII anak- anak belajar tari Saman, ternyata lebih disukai dan anehnya mereka bisa mengembangkan dari segi pola lantainya maupun berkreasi dari segi geraknya dan pada tugas ujian praktek kelas IX mereka bisa mencipta sebuah tarian sederhana dari hasil pembelajaran tari kreasi yang diajarkan. (ikd1/zal)

Guru Seni Budaya SMPN 1 Rowosari, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya