alexametrics

Pembelajaran Listrik Dinamis melalui Think Pair Share

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PELAJARAN IPA di sekolah merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian siswa. Hal itu dibuktikan dari nilai semester yang hasilnya kurang memuaskan.

Guru harus bertanggung jawab atas hasil kegiatan belajar anak melalui interaksi belajar mengajar. Guru merupakan faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya proses belajar, dan karenanya guru harus menguasai prinsip-prinsip belajar di samping menguasai materi yang akan diajarkan. Dengan kata lain guru harus mampu menciptakan suatu kondisi belajar yang sebaik-baiknya. Agar pembelajaran memiliki kekuatan yang maksimal, guru harus senantiasa berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan semangat yang telah dimilikinya ketika mempelajari materi. Dalam pembelajaran, seorang guru juga berperan sebagai seorang pembimbing yang senantiasa memberikan bimbingan kepada anak didik nya.

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan sosial yang makin maju, hal itu menuntut perubahan cara guru dalam proses pembelajaran. Metode sangat diperlukan oleh guru sebagai cara untuk mentransfer knowledge atau pengetahuan kepada peserta didiknya. Metode sangat berperan penting bagi keberhasilan suatu pembelajaran. Oleh karena itu guru tidak bisa terlepas dari sebuah metode di dalam suatu pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran IPA yang cocok digunakan untuk materi Listrik Dinamis adalah metode think pair share.Think pair share memilki prosedur yang diterapkan secara eksplisit untuk memberi waktu lebih banyak kepada peserta didik untuk berpikir, menjawab, dan saling membantu sama lain.

Baca juga:  Pembelajaran Listrik Searah dengan Media Komik

Dalam pembelajaran IPA kelas IX terdapat materi Listrik dinamis, siswa dituntut untuk bisa memahami dan menghitung rangkaian pada materi tersebut. Dalam proses pembelajaran tersebut terdapat beberapa siswa yang kurang tertarik terhadap pelajaran IPA, sebagian siswa kelas IX masih beranggapan bahwa pelajaran Fisika pada meteri Listrik Dinamis sangat sulit, sehingga malas untuk belajar dan masih banyak yang tidak mau mengerjakan tugas terutama yang terkait dengan soal menghitung. Sebagian siswa masih enggan untuk bertanya apabila mengalami kesukaran dalam mengerjakan soal.

Metode think pair share.Think pair share ini berhasil kami terapkan di tempat penulis mengajar di MTs NU 09 Gemuh. Model pembelajaran think pair share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Model ini mengedepankan peserta didik untuk berperan aktif bersama dengan teman kelompoknya dengan cara berdiskusi untuk memecahkan suatu permasalahan.

Baca juga:  Penggunaan Metode Card Sort Efetif untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa

Langkah- langkah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS):

Kegiatan pertama mengajukan pertanyaan tentang pengaruh nyala lampu pada rangkaian listrik seri, paralel dan campuran dan menghitung besar hambatan, kuat arus pada yang mengalir pada rangkaian dengan menggunakan rangkaian listrik yang telah dirangkai oleh siswa itu sendiri, kemudian siswa diminta untuk memikirkan pertanyaa untuk beberapa saat, dalam tahap ini siswa dituntut lebih mandiri dalam mengolah informasi yang dia dapat. Kegiatan kedua ini guru meminta peserta didik duduk berpasangan dengan peserta didik lain untuk mendiskusikan apa yang telah difikirkannya pada tahap pertama. Interaksi pada tahap ini diharapkan dapat membagi jawaban dengan pasangannya. biasanya guru memberikan waktu 4-5 menit untuk berpasangan. Kegiatan ketiga guru meminta kepada pasangan untuk berbagi jawaban dengan seluruh kelas tentang apa yang telah mereka diskusikan. Ini efektif dilakukan dengan cara bergiliran pasangan demi pasangan dan dilanjutkan sampai sekitar seperempat pasangan telah mendapat kesempatan untuk melaporkan.

Baca juga:  Manfaatkan Kemajuan Teknologi untuk Tingkatkan Kompetensi Guru

Dari kegiatan itu siswa lebih mudah memahami dan mudah menghitung besar rang kaian listrik baik seri, paralel maupum campuran. Dengan menerapkan metode pembelajaran think pair share diharapkan siswa dapat secara aktif termotivasi mengikuti pembelajaran dengan baik dapat melatih siswa untuk lebih giat dalam belajar. (pgn1/zal)

Guru IPA MTs NU 09 Pucangrejo Gemuh, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya