alexametrics

Mengenal Negara-Negara ASEAN melalui Gallery Walk

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Suatu proses belajar itu tidak sekadar proses memberi pelajaran saja. Namun terdapat proses penerimaan ilmu dari guru kepada peserta didiknya. Nah, tentunya seorang guru harus bisa mentransfer ilmu kepada peserta didik dengan metode-metode yang tepat.

Metodologi mengajar adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga proses belajar berjalan dengan baik.

Salah satu metode mengajar yang sangat dianjurkan saat ini khususnya dalam kurikulum 2013 adalah metode diskusi dimana peserta didik menunjukkan keaktifannya didalam kelas.

Metode diskusi (discussion method) adalah metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan masalah. Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi kelompok dan resitasi bersama (Muhibbin Syah :2000).

Baca juga:  “A Moment With English” Solusi untuk Meningkatkan Self Confident dan Speaking

Metode diskusi diaplikasikan dalam proses belajar mengajar untuk
mendorong siswa berpikir kritis. Mendorong siswa mengekspresikan pendapatnya secara bebas. Mendorong siswa menyumbangkan buah pikirnya untuk memcahkan masalah bersama.

Dalam metode diskusi banyak model-model pembelajaran yang digunakan guru untuk dipraktikan dikelas dengan tujuan agar peserta didik tidak jenuh dan bosan. Apalagi dalam belajar IPS seperti materi mengenal negara-negara ASEAN dimana banyak materi yang harus dipahami peserta didik,maka guru harus memilih model pembelajaran yang tepat agar memberi suasana yang berbeda didalam kelas.

Salah satu yang dapat dipilih adalah gallery walk atau dapat disebut dengan galeri berjalan/galeri belajar.
Menurut Silberman (2007) galeri belajar (pameran belajar) adalah suatu cara untuk menilai dan mengingat apa yang telah dipelajari peserta didik. Model pembelajaran ini menginspirasi peserta didik membuat suatu daftar baik berupa gambar maupun skema sesuai hal-hal apa yang ditemukan atau diperoleh pada saat diskusi disetiap kelompok untuk dipajang di depan kelas.
Langkah-langkah model pembelajaran gallery walk adalah : Guru membagi kelas kedalam 5-8 kelompok. Menentukan tema contohnya mengenal negra-negara ASEAN. Menyiapkan alat dan bahan seperti karton dan kertas berwarna, atau bisa dilengkapi gambar seperti bendera negara anggota ASEAN, spidol.

Baca juga:  Mengenal Lembaga Negara dengan Gamol

Melaksanakan diskusi dalam kelompok untuk mengolah informasi. Mendesain gallery sesuai tema yang dipelajari. Setiap kelompok menempel hasil kerjanya didinding kelas.

Setiap anggota kelompok berputar untuk mengamati hasil kerja dari kelompok lain. Secara acak meminta anggota kelompok menjelaskan materi yang ditanyakan kelompok lain. Setiap kelompok saling mengkoreksi hasil kerja kelompok lain. Memberikan klarifikasi dan menyimpulkan.

Dalam pembelajaran dikelas VIII.3 SMP N 1 Wonopringgo pada materi mengenal negara-negara ASEAN setiap kelompok bertugas memamerkan galerinya seperti kelompok 1 bertugas memamerkan gallery negara Singapura maka kelompok tersebut akan menggali informasi tentang negara Singapura seperti ibu kotanya, mata uangnya, hasil industrinya dll.

Setelah kelompok tersebut diskusi selanjutnya hasilnya ditempel di dinding kelas sesuai dengan kreatifitasnya. Selanjutnya masing-masing kelompok dibagi menjadi 2 bagian. Sebagian ada yang bertugas menjadi penjaga gallery sedangkan anggota lain bertugas mencari informasi mengenai negara ASEAN lainnya seperti negara Malaysia. Pada akhir pembelajaran setiap kelompok saling mengoreksi hasil kerja kelompok lain serta memberikan klarifikasi.

Baca juga:  Mudah Pahami Materi Mengenal Negara-Negara ASEAN dengan TTS

Dengan digunakannya model Gallery Walk pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan dan peserta didik lebih memahami tentang negara-negara ASEAN sehingga hasil uji kompetensi peserta didik jauh lebih baik. (pkl1/lis)

Guru SMP N I Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya