alexametrics

Asyik Belajar PPKn dengan Media Film Dokumenter

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Penopang tumbuh dan berkembangnya kehidupan berbangsa dan bernegara adalah melalui peningkatan tingkat kecerdasan warga negara (Civic Intelegensi), mengembangkan dimensi spiritual dan tanggung jawab warga negara (Civic Responsibility) dan parsitipasi warga negara dalam memajukan bangsanya (Civic participation).

Pembelajaran PPKn, pada kenyataanya masih berpusat pada pendidik, dan peserta didik hanya sekedar mendengarkan, mengingat, menghafal serta mencatat materi yang disampaikan. Mengenai kondisi yang memicu kebosanan siswa dalam mengikuti pelajaran PPKn disebabkan seorang pendidik kurang menarik dalam memberikan pelajaran di dalam kelas dan jarang menggunakan media pembelajaran yang menarik semangat belajar.

Kemajuan Iptek dan media komunikasi-informasi memberikan arah sendiri bagi kegiatan pendidikan dan tuntutan ini membuat kebijaksaan untuk memanfaatkan media teknologi dalam pengelolaan pendidikan sebagai media pembelajaran serta menjadikan mata pelajaran PPKn ini lebih nyata, berwarna, dan menarik. Dukungan teknologi tidak terlepas dari peranannya dalam mendukung segala aspek kehidupan manusia termasuk segi informasi dan komunikasi. Optimalisasi hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar saja, namun juga dilihat dari proses pembelajaran yang berupa interaksi siswa dengan berbagai sumber belajar yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar dan mempercepat pemahaman. Penggunaan media dapat menjadi pertimbangan pendidik dalam menyampaikan pelajaran di sekolah, karena media pada dasarnya dapat memberikan motivasi belajar bagi peserta didik.

Baca juga:  Kelas Online Berbasis Web sebagai Wadah Pembinaan Spiritualitas di Masa Pandemi

Pengajaran dengan menggunakan media film dokumenter merupakan salah satu alternatif yang dapat menghilangkan pandangan dan anggapan umum mengenai pelajaran PPKn yang dianggap kurang menyenangkan untuk dipelajari. Dalam hal ini pendidik menyiapkan film sesuai dengan materi yang akan dibahas dalam pembelajaran. Penggunaan media film untuk pembelajaran dapat memberikan motivasi belajar dan pengaruhnya terhadap minat belajar peserta didik. Beberapa kelebihan menggunakan media film dalam pembelajaran PPKn yaitu, pertama: Pembelajaran lebih menarik perhatian peserta didik, unsur perhatian inilah yang penting di dalam proses belajar, karena dari adanya perhatian timbul rangsangan (motivasi) untuk belajar, kedua: Bahan pembelajaran lebih jelas dan terarah maknanya sehingga akan lebih dipahami oleh peserta didik dan memungkinkan peserta didik menguasai tujuan pembelajaran lebih baik, ketiga: Metode pembelajaran akan lebih variasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui kata-kata oleh pendidik sehinga peserta didik tidak bosan dan pendidik tidak kehabisan tenaga untuk mengajar setiap jam pelajaran (Arsyad, 2006:83).

Baca juga:  Tumbuhkan Motivasi Belajar PPKn dengan TTS

Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media film dokumenter yang pendidik lakukan di SMA Negeri 1 Bawang kelas X materi pokok Ancaman Terhadap Negara Indonesia ternyata lebih bermakna dan mengasyikan terlihat peserta didik sangat antusius dalam diskusi dan tanya-jawab serta sangat responsif mengikuti alur cerita dalam tayangan film. Pendidik berusaha menggali lebih dalam keaktifan dengan mengeksplor aspek kognitif maupun motivasi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman pribadi secara langsung dari sebuah proses dan memperlihatkan pada peserta didik contoh tingkah laku yang diinginkan. Selesai pemutaran film peserta didik dapat mendiskusikan pendapat mereka dan mencari pemecahan masalah atau menjawab pertanyaan berkaitan dengan pokok permasalahan dari film yang telah ditayangkan di kelas.
Hasil belajar yang diperoleh dari penggunaan media film dokumenter ini adalah siswa merasa lebih asyik lebih senang karena bisa melihat pemutaran film sambil belajar, pelajaran PPKn terasa lebih dekat dengan peserta didik dan materi yang ditayangkan dapat diserap dengan cukup baik akhir hasil pencapaian proses belajar mengajar peserta didik meningkat. (pkl1/aro)

Baca juga:  Pohon Karier Tingkatkan Pembelajaran Lingkungan Pekerjaan

Guru PPKn SMA Negeri 1 Bawang, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya