alexametrics

Terampil Berbicara Bahasa Inggris melalui Media Iklan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DALAM pelajaran bahasa inggris, berbicara merupakan salah satu elemen penting dalam pembelajaran. Dengan menguasai ilmu berbicara bahasa inggris, tentu kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja mengingat bahasa inggris merupakan salah satu bahasa global yang digunakan oleh manusia di seluruh dunia. Pengertian dari berbicara adalah suatu proses untuk mengekspresikan, ide, pikiran, atau gagasan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan. Namun tidak semua peserta didik mampu berbicara menggunakan bahasa inggris dengan benar dan lancar. Hal ini terjadi karena sebagian peserta didik merasa minder karena menganggap kemampuan berbicara mereka masih rendah. Beberapa peserta didik beranggapan bahwa dalam pembelajaran sebelumnya terlalu banyak teori dan jarang dipraktikkan.

Hal inilah yang menjadi inspirasi bagi penulis selaku guru mata pelajaran bahasa inggris untuk melakukan kegiatan pembelajaran melalui media iklan untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris. Mengapa penulis memilih media ini karena materi ini diajarkan pada siswa kelas X IPS di SMAN 1 Pegandon untuk program peminatan yang kebetulan diampu oleh penulis.

Baca juga:  Tingkatkan Imun dengan Pemberian Tugas Membuat Jus Buah

Iklan adalah berita atau pesan untuk membujuk orang agar tertarik pada barang ataupun jasa yang ditawarkan, iklan biasa dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, internet dll. Untuk kegiatan pembelajaran materi iklan ini, penulis selaku guru mata pelajaran bahasa inggris memberikan penugasan kepada peserta didik untuk membuat iklan dalam bentuk video pembelajaran.
Peserta didik di sarankan untuk membuat kelompok minimal empat peserta. Kemudian bersama anggota kelompok, mereka memilih iklan paling favorit yang pernah mereka lihat di televisi. Kemudian membuat draft iklan dalam bahasa inggris dan membagikan peran untuk masing-masing peserta. Tugas dari masing-masing peserta adalah menghafal draft sesuai dengan peran mereka masing-masing. Setelah mempersiapkan dengan baik, mereka mulai bermain peran dalam adegan iklan yang mereka pilih dibantu oleh peserta dari kelompok lain untuk mengambil gambar dalam bentuk video. Iklan yang mereka buat haruslah benar-benar riil seperti iklan yang sebenarnya, peserta didik bisa menggunakan media realita yang dibutuhkan untuk membuat iklan. Kostum yang dikenakan, tempat, ataupun situasi pembuatan iklan harus disesuaikan dengan jenis iklan yang mereka pilih. Musik boleh disertakan agar iklan lebih menarik. Isi dari iklan yang mereka buat tidak boleh menyimpang dari pengertian, tujuan, dan fungsi iklan.
Melalui kegiatan pembuatan iklan dengan bintang iklannya adalah peserta didk sendiri, mereka sangat antusias dalam mengerjakannya. Hal ini bisa dilihat dari hasil video yang berhasil mereka buat.

Baca juga:  Asiknya Belajar Huruf Hijaiyah dengan Metode Bermain Kartu

Ketrampilan berbicara melalui media iklan nampak lancar ditampilkan. Perasaan minder dan takut dalam berbicara perlahan mulai hilang. Peran yang mereka dapat benar-benar dihayati dan dihafalkan. Saat video mereka diputarkan di depan kelas, mereka sangat senang menyaksikan peran mereka di dalam iklan yang mereka buat sendiri.

Yang menarik dari kegiatan ini adalah peserta didik mampu mengekspresikan ide-ide mereka, menuangkan gagasan mereka dalam bentuk kegiatan praktik berbicara. Selain memberikan pengalaman belajar nyata kepada peserta didik, mereka mampu belajar lebih banyak dan mendapatkan pengalaman menarik dari kegiatan ini. Melalui metode pembelajaran menggunakan media iklan ini, diharapkan mampu memberikan solusi untuk meningkatkan ketrampilan berbicara dalam bahasa inggris. (ikd1/zal)

Baca juga:  Berpikir Kritis melalui Guided Inquiry Padukan dengan E-Bio Worksheet

Guru Bahasa Inggris
SMAN 1 Pegandon

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya