alexametrics

Talking Stick Menyenangkan dalam Pembelajaran Sekitar Proklamasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan integrasi dari empat mata pelajaran yaitu geografi, ekonomi, sosiologi dan sejarah. Materi yang sangat luas terkadang membuat peserta didik cenderung tidak mengerti. Apalagi IPS sejarah yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu, membuat peserta didik bosan dan tidak fokus dengan pembelajaran. Bahkan menganggap belajar IPS terutama sejarah adalah hapalan tahun-tahun dan peristiwa yang terpendam di masa lalu yang dianggap tidak penting. Seperti materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan di Indonesia kelas IX semester 2 kurang diminati siswa sehingga berdampak pada hasil pembelajaran yang masih rendah.
Untuk mengatasi masalah tersebut pendidik harus pandai memilih model pembelajaran yang menyenangkan peserta didik untuk berfikir kritis dan inovatif. Salah satu yang diterapkan di SMP Negeri 3 Kendal adalah model talking stick.

Baca juga:  Permainan Lompat Tali dapat Meningkatkan Hasil Belajar dalam Lompat Jauh

Kegiatan belajar sambil bermain adalah satu cara bagus untuk diaplikasikan ke dalam proses pembelajaran. Dengan adanya permainan, siswa akan senang dan terhindar dari rasa jenuh. Menurut Maufur (2009:88), talking stick merupakan model pembelajaran yang berguna untuk melatih keberanian siswa dalam menjawab dan berbicara kepada orang lain. Sedangkan penggunaan tongkat secara bergiliran sebagai media untuk merangsang siswa bertindak cepat dan tepat. Sekaligus mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi.

Adapun langkah-langkah model pembelajaran talking stick pertama pendidik membentuk kelompok yang terdiri atas 5 orang. Kedua pendidik menyiapkan sebuah tongkat yang panjangnya 20 cm. Ketiga pendidik menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan para kelompok untuk membaca dan mempelajari materi pelajaran. Keempat, peserta didik berdiskusi membahas masalah yang terdapat di dalam wacana. Kelima, setelah kelompok selesai membaca materi dan mempelajari isinya pendidik mempersilahkan anggota kelompok untuk menutup isi bacaan. Keenam, pendidik mengambil tongkat dan memberikan kepada salah satu anggota kelompok.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Teknik Penelusuran Search Engine dengan Metode Take and Give

Setelah itu pendidik memberi pertanyaan dan anggota kelompok yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya. Demikian seterusnya sampai sebagian besar pesserta didik mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari pendidik. Ketujuh peserta didik yang lain boleh membantu menjawab pertanyaan jika anggota kelompoknya tidak bisa menjawab pertanyaan. Delapan, pendidik memberikan kesimpulan. Sembilan, pendidik melakukan evaluasi/penilaian, baik secara kelompok maupun individu. Sepuluh pendidik menutup pembelajaran

Kelebihan model pembelajaran talking stick, pertama, pelajaran lebih menyenangkan apalagi dengan disertai lagu-lagu yang menghibur sehingga peserta didik termotivasi dan senang mengikuti pembelajaran. Kedua, menguji kesiapan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Ketiga, melatih kecepatan peserta didik dalam mempelajari materi dan melatih keberanian peserta didik dalam mengemukakan pendapat. Keempat, melatih peserta didik dalam menghargai ide serta jawaban orang lain. Kelima menumbuhkan tingkat kepercayaan diri peserta didik.

Baca juga:  Mudahnya Belajar Perbandingan melalui Metode Make a Macth

Manfaat model pembelajaran talking stick dapat melatih peserta didik menerima pendapat orang lain, bekerja sama dengan teman, membuat peserta didik selalu siap dalam mengikuti pembelajaran. Sebab semua mempunyai kesempatan untuk ditunjuk dan menjawab pertanyaan.
Selain itu kegiatan estafet sambil bernyanyi membuat peserta didik merasa gembira dan minat belajar meningkat. Sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan di Indonesia kelas IX semester 2 di SMP Negeri 3 Kendal. (ikd2/lis)

Guru IPS SMP Negeri 3 Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya