alexametrics

Pembelajaran Berorientasi HOTS Dongkrak Minat Menulis Teks Fantasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Di era milenium ini guru dituntut mengembangkan belajar mengajar di sekolah dengan model pembelajaran HOTS (higher order thinking skills). Atau cara berpikir tinggi. Menurut Bloom, keterampilan dibagi dua. Pertama adalah keterampilan rendah yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying). Dan kedua adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).
Pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah pembelajaran yang melibatkan 3 aspek: transfer of knowledge, critical and creative, dan problem solving.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai transfer knowledgeketerampilan berpikir tingkat tinggi sesuai ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang menjadi satu kesatuan dalam proses belajar dan mengajar. Elemen dasar keterampilan berpikir kritis, yaitu FRISCO. F (fokus), mengidentifikasi masalah dengan baik, R (reason) alasan-alasan yang diberikan bersifat logis, I (inference) jika alasan yang dikembangkan adalah tepat, maka alasan tersebut harus cukup sampai pada kesimpulan yang sebenarnya. S (situation) membandingkan dengan situasi yang sebenarnya. C (clarity) harus ada kejelasan istilah maupun penjelasan yang digunakan pada argumen sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mengambil kesimpulan. O (overview) pengecekan terhadap sesuatu yang telah ditemukan, diputuskan, diperhatikan, dipelajari, dan disimpulkan.

Baca juga:  Tutor Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Limit Fungsi Masa Covid-19

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang harus dikuasai siswa. Menurut Solehan, dkk (2008: 9.4) kemampuan menulis tidak diperoleh secara otomatis. Solehan menjelaskan kemampuan menulis seseorang bukan dibawa sejak lahir, melainkan diperoleh melalui tindak pembelajaran. Seseorang yang telah mendapatkan pembelajaran menulis belum tentu memiliki kompetensi menulis dengan andal tanpa banyak latihan menulis.

Kegiatan menulis karangan termasuk memberikan latihan kreativitas siswa. Di dalam kegiatan mengarang, siswa berusaha menuangkan gagasan-gagasan yang ada di dalam pikirannya atas apa yang pernah dia lihat, rasakan, dan pikirkan ke dalam bentuk teks tertulis. Semua gagasan itu dia olah sedemikian rupa diubah dan ditransformasikan menjadi suatu produk tulisan pada kegiatan mengarang.
Menulis karangan termasuk kegiatan kreatif bernilai seni yang membutuhkan tingkat kreativitas tinggi. Dengan mempelajari dan melatih secara terus menerus tersebut akan mengasah daya kreativitas seni yang dimiliki oleh siswa.

Baca juga:  Mengidentifikasi Jenis Rangkaian Listrik dengan Model Pembelajaran PBL

Teks cerita fantasi adalah bahan tertulis yang berbentuk karangan atau tulisan untuk menuturkan, menggambarkan, atau membayangkan berbagai perbuatan, pengalaman, dan kejadian berupa angan-angan, khayalan, imajinasi, atau rekaan belaka. Dengan kata lain, hal-hal yang digambarkan dalam teks fantasi adalah hal-hal yang tidak nyata.

Pelaksanaan pembelajaran berorientasi HOTS pada keterampilan menulis teks fantasi di SMPN 1 Gemuh pada kelas VII semester 1 dilakukan dengan cara: Membaca beberapa contoh teks fantasi dengan teliti. Setelah anak-anak paham membedakan cerita fantasi dengan cerita biasa, guru mengajak siswanya untuk bermain sambil belajar. Guru meminta siswa untuk menjadi peran sebagai sang tokoh utama. Siswa diminta untuk melanjutkan cerita fantasi tersebut. Siswa tidak dibatasi endingnya seperti apa. Siswa bebas memilih solusi akhir dari ceritanya. Setiap siswa memiliki cerita yang berbeda sesuai dengan fantasinya. Anak-anak lebih bersemangat dan hidup. Mereka menuangkan ide sesuai apa yang ada di pikiran mereka. Pembelajaran seperti ini melatih siswa untuk aktif dan kritis. Suasana belajar lebih menyenangkan siswa lebih bersemangat, senang, dan tertantang dalam belajar. (ikd2/lis)

Baca juga:  Wisata Virtual, Alternatif Media Pembelajaran Kepariwisataan di Masa Pandemi

Guru Bahasa Indonesia SMPN 1 Gemuh, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya