alexametrics

Melibas Covid 19 melalui Daring Blending Go-Bit

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PERADABAN manusia terus berkembang menuntut pola pikir berkembang pula. Dimensi waktu membuat perubahan yang sangat cepat, dimensi ruang 4.0 melibas lepas pola pikir manusia di zona nyaman. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, budaya serta tatanan sosial ikut terdampak untuk membuka mata lebar-lebar, menyesuaikan kondisi yang ada demikian juga di dunia pendidikan. Peluang sekaligus tantangan bagi dunia pendidikan, khususnya bagi guru sebagai tenaga pendidik harus menjadi pilar serta kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan. Untuk itu guru dituntut selalu kreatif, dan inovatif dalam pengembangan dirinya menjadi manusia handal serta profesional. Kehadiran teknologi sebagai bentuk baru berinovasi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya bukan dianggap sebagai suatu beban baru.

Penerapan Informasi Teknologi (IT) di dunia pendidikan harusnya mampu mendorong guru untuk mendesain, mengembangkan, memanfaatkan serta mengevaluasi pembelajarannya (Mardiana & Purwanto, 2017). Tuntutan guru untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan global sangat diperlukan. Kompetensi guru dalam pemanfaatan digital bukan sekedar sebatas mencari informasi tetapi guru juga mengaplikasikan serta melaksanakan pembelajaran melalui online (Sohibun & Ade, 2018).

Baca juga:  Meningkatkan Semangat Belajar Matematika Anak dengan PiPi

Di saat covid 19 (corona virus deases) mewabah negara-negara seantero dunia, membuat dunia tidak lagi ada warnanya. Pandemi korona me-lockdown rutinitas di berbagai dinamika kehidupan. Bahkan di dunia pendidikan yang semuanya sudah terstuktur dan terprogram menjadi tertunda, kebijakan kebijakan pemerintah tentang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tergeser oleh ganasnya korona yang akhirnya pemerintah harus mengeluarkan aturan dan kebijakan melarang sekolah melakukan pembelajaran di kelas menjadi pembelajaran melalui daring (online) (Mendikbud, nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat pandemi Covid-19). Peristiwa Covid-19 ini harus menjadi pembelajaran guru, pembelajaran tidak lagi dilaksanakan dengan tatap muka di kelas secara langsung hal ini menjadi peluang untuk memanfaatkan kemajuan teknologi melalui pembelajarannya.
Go-Bit. merupakan blending (kombinasi) akronim dari goole form dan bitly.com. Goole form merupakan pengembangan inovasi dari goolge docs berbentuk formulir untuk membuat pertanyaan berupa questioner, angket ataupun sejenisnya secara online melalui Google yang bisa diakses melalui browser. Fitur ini secara otomatis akan merespon informasi dari banyak responden yang masuk dan disimpan di spreedsheet. Sedangkan Bitly.com adalah layanan URL (uniform resource locator) suatu format standar tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber yang berfungsi sebagai alat untuk memendekkan nama suatu file yang memungkinkan kita untuk mengubah URL yang panjang menjadi lebih ringkas.

Baca juga:  Tingkatkan Prestasi Belajar IPS dengan Model Project Based Learning

Penerapan Go-Bit (google form dan bitly) ini merupakan pengalaman pribadi penulis sebagai guru bahasa Inggris yang sekaligus sebagi nara sumber pemanfaatn Go-Bit untuk guru dan pertama yang diujicobakan di SMP Negeri 34 Semarang pada pelaksaan PTS (penilaian tengah semester) semester gasal 2019 dengan pemanfaatan media HP Android siswa. Bukan hal asing di saat pemerintah memperlakukan pembelajaran daring disebabkan oleh Covid-19, di SMP Negeri 34 Semarang guru tidak lagi kesulitan atau kebaran jenggot untuk melaksanakan pembelajaran daring, siswa tetap di rumah (stay at home) namun interaksi guru-siswa tetap berjalan sebagaimana dalam pembelajaran di kelas. Guru, siswa dan keluarga aman. Covid-19 terlibas oleh blending go bit.

Baca juga:  Belajar IPS Menyenangkan dengan Metode Student Hearing

Adapun langkah-langkah/sintaks google form, 1) Membuat akun di google drive. 2) Klik New (baru) arahkan kursor klik blank form. 3) Beri nama judul formulir, 4) Mulai membuat pertanyaan atau tugas. Langkah bitly.com, a) buat akun di bitly.com, b) klik Create, c) copy paste dan beri nama baru di bitly, misalnya Bit.ly/soalteslatihan, d) save (simpan). Dengan mengirimkan label tersebut melalui WA Android siswa, langsung bisa meng-klik dan mengerjakan tugas, soal atau tes yang kirim sekolah atau guru. (gml2/ida)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 34 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya