alexametrics

Kancing Gemerincing Meningkatkan Kemampuan Menghafal Ayat Alquran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salah satu problematika dalam pembelajaran di sekolah adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor dari dalam (internal) dan dari luar (eksternal). Faktor internal adalah fisiologis dan psikologis, misalnya badan sehat, kecerdasan, motivasi belajar. Sedangkan yang termasuk faktor eksternal adalah lingkungan dan instrumental, misalnya guru, kurikulum, dan metode pembelajaran.

Metode pembelajaran memegang peranan penting bagi tercapanya tujuan pendidikan.
Demikian halnya dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang diajarkan dengan metode konvensional (ceramah, tanya jawab) akan mempersempit aktivitas siswa. Karena proses pembelajaran ini berorientasi pada guru (theacher centered). Aktivitas siswa sangat terbatas. Kondisi ini jika berlangsung terus menjadikan siswa bosan dan kurang minat serta kemampuan belajarnya rendah.

Peserta didik di SMPN 4 Cepiring sebagian besar merasa berat dengan materi pelajaran aspek Alquran seperti Qs Az-Zumar: 53, An-Najm : 39-42 dan Ali Imran:159. Karena pada materi ini siswa dituntut dapat membaca dan menghafal secara fasih baik dari segi lafadz maupun artinya.
Oleh karena itu terkait proses pembelajaran PAI & BP aspek Alquran perlu kiranya mempertimbangkan paradigma baru, tentang pembelajaran kooperatif yang dapat menjembatani problema tersebut.

Baca juga:  Perlunya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris bagi Siswa SMK

Salah satu metode pembelajaran kooperatif yang mendukung penciptaan kondisi tersebut adalah metode “Kancing Gemerincing”. Metode ini memastikan setiap siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk berperan serta dan berkontribusi pada penyelesaian masalah pada kelompoknya (Miftahul Huda, 2011 : 142).

Kancing gemerincing adalah suatu teknik pembelajaran kooperatif yang menggunakan kancing-kancing atau benda-benda sebagai media untuk pola interaksi siswa dalam kelompok belajar. Masing-masing anggota kelompok mendapatkan kesempatan memberikan kontribusi dan mendengarkan pandangan pemikiran anggota yang lain.

Proses belajar kooperatif dengan kancing gemerincing, siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 anak. Tujuan pokok belajar kooperatif adalah memaksimalkan belajar siswa untuk peningkatan prestasi akademik dan pemahaman baik secara individu maupun kelompok. Adapun langkah-langkah penerapannya dalam pembelajaran PAI & BP materi Alquran adalah; Pertama guru menyiapkan satu kotak kecil yang berisi kancing-kancing atau benda-benda kecil lainnya. Kedua, sebelum memulai tugasnya, masing-masing anggota dari setiap kelompok mendapatkan 3 atau 5 kancing/jumlah kancing tergantung dari sukar tidaknya tugas yang diberikan.

Baca juga:  Presentasi di Kelas Meningkatkan Percaya Diri Siswa

Ketiga, setiap kali anggota berbicara, menghafal atau menjawab pertanyaan tentang ayat Alquran dan artinya yang telah ditentukan. Dia harus menyerahkan salah satu kancingnya dan meletakkan di tengah-tengah meja kelompok. Keempat, jika kancing yang dimiliki salah satu siswa habis, dia tidak berbicara lagi sampai semua rekan menghabiskan kancing masing-masing. Kelima, jika semua kancing sudah habis, kelompok boleh mengambil kesempatan untuk membagi kancing lagi dan mengulangi prosedur kembali.

Metode kancing gemerincing menekankan partisipasi anggota dalam kegiatan kelompok. Maka teknik belajar mengajar kancing gemerincing memastikan setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk berperan serta. Siswa mampu menghafal bukan karena secara kebetulan atau didorong oleh inspirasi, tetapi karena adanya partisipasi dan kesempatan yang sengaja diciptakan dalam suasana kelompok. Dengan demikian aspek kemampuan menghafal ayat Alquran lebih mudah dilakukan dan lebih meningkat karena adanya peran aktif setiap siswa itu sendiri. Selain itu, guru tetap memantau dan mengarahkan siswa agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. (pgn1/lis)

Baca juga:  Ulangan Online Membuat Siswa Lebih Interaktif dan Menyenangkan

Guru PAI & BP SMPN 4 Cepiring, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya