alexametrics

TBG Mudahkan Penyesuaian Diri Siswa Baru

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Tahun pelajaran baru banyak tantangan bagi siswa baru. Salah satunya adalah masalah penyesuaian diri. Hal tersebut tidak berbeda jauh dengan apa yang dialami oleh siswa baru kelas X SMA Negeri 1 Kendal. Jika di awal tahun pelajaran baru siswa tidak dibimbing dengan baik tentang penyesuaian diri, maka hal itu akan berpengaruh pada perkembangan sosial berikutnya.

Layanan bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru BK untuk membantu siswa mengatasi persoalan penyesuaian diri tidak cukup dengan metode ceramah. Karena metode layanan tersebut kurang melibatkan siswa. Untuk itu perlu layanan bimbingan konseling yang tepat dengan teknik yang menarik agar siswa dapat terlibat secara dinamis baik segi komunikasi maupun interaksinya.

Jenis layanan dalam bimbingan konseling ada beberapa macam. Salah satunya adalah layanan bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok beranggotakan 10-15 orang.

Baca juga:  Tak Sulit Menyelesaikan Soal Cerita pada Matematika

Kegiatan layanan bimbingan kelompok agar lebih dinamis dan menarik dibutuhkan teknik yang tepat. Yaitu teknik team building game (TBG). Menurut (Soenarno, 2016:1) team building adalah bentuk kerja sama dalam satu tim, bahwa satu tim yang memiliki satu hati dan satu tekad akan bisa melakukan apapun. Layanan bimbingan kelompok dengan memanfaatkan teknik team building game dapat mencegah kebosanan. Siswa memiliki perasaan senang untuk mengikutinya. game/permainan yang dimainkan diantaranya Kata Berantai, Sebut Nama Teman, Lingkaran Tak Tik Boom.

Permainan tersebut melibatkan seluruh anggota kelompok, dengan tujuan terjadi interaksi dan komunikasi untuk membangkitkan semangat di antara sesama partisipan, serta menunjukkan beragam emosi dan perasaan para anggota kelompok. Masing-masing individu dalam kelompok mempunyai kesempatan untuk saling berbagi baik perasaan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk mencapai solusi dan tujuan bersama.

Baca juga:  Kembangkan Pembelajaran Kebugaran Jasmani dengan Pendekatan Bermain

Ada empat tahapan dalam layanan bimbingan kelompok melalui teknik team building game. Tahap awal yaitu tahap perkenalan, anggota kelompok saling memperkenalkan diri dilanjutkan permainan team building. Hasil dari team building game inilah terjadi interaksi yang menarik dan penuh empati. Sehingga siswa merasa senang mengikuti layanan.

Tahap peralihan merupakan jembatan menuju tahap berikutnya. Pada tahapan ini guru BK menjelaskan tentang tujuan dan asas dilaksanakan kegiatan layanan.

Tahap inti yaitu tahapan dimana masing-masing anggota kelompok saling memberikan informasi dan tanggapan tentang penyesuaian diri siswa di sekolah baru. Mengingat pada tahap sebelumnya siswa sudah merasa nyaman dengan teman-temannya, maka di tahap ini siswa sudah tidak ada keraguan untuk menceritakan persoalan yang dihadapi dan saling menanggapi untuk memberikan solusi. Pada tahap inilah layanan bimbingan kelompok melalui teknik team building game sesuai tujuan yang diharapkan.

Baca juga:  Meningkatkan Ketrampilan Menulis Teks Prosedur melalui Discovery Learning

Tahap Pengakhiran yaitu tahap berhentinya kegiatan yang diakhiri dengan pesan dan kesan anggota kelompok.

Setelah siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik team building game, siswa merasakan ada kemudahan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah barunya. Pada saat kegiatan berlangsung siswa merasa senang karena mendapat kesempatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara leluasa. (pgn1/ton)

Guru BK SMAN 1 Kendal Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya