alexametrics

Belajar Bahasa melalui Tayangan Film BVF

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar berbahasa merupakan salah satu hal sangat penting. Selain bahasa ibu sebagai bahasa pertama, kita juga mempelajar bahasa yang lain. Bahasa digunakan dalam kehidupan sehari baik dalam pergaulan, di dunia pendidikan, di dunia kerja, maupun di pemerintahan. Untuk pergaulan dan hubungan dengan dunia luar maka kita perlu mempelajari bahasa asing.

Salah satu bahasa asing yang dipelajari di tingkat Sekolah Menengah Atas adalah Bahasa Perancis. Untuk mempelajari bahasa asing (khususnya belajar Bahasa Perancis), kita tidak perlu datang ke negara asal. Banyak media yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Perancis. Di lembaga kami Madrasah Aliyah Negeri Kendal, kami masih menggunakan ‘ Bien Venue en France’ (BVF).

‘Bien Venue en France’ merupakan salah satu media audiovisual bahasa Perancis. Walaupun banyak media yang lain, kami di kelas Bahasa tetap menggunakan BVF sebagai media penunjang belajar dan mengajar. Ada beberapa pertimbangan penggunaan BVF ini. Kami tinggal menyiapkan peralatan LCD atau langsung dilihat di media elekronik lain.

Baca juga:  Ketagihan Belajar Tembang Dolanan dengan Metode Demonstrasi

BVF merupakan media film pembelajaran berbahasa Perancis. Sederhana dan mudah dipelajari. Cocok bagi kami yang masih pemula dalam belajar Bahasa Perancis. BVF mempunyai banyak judul yang dapat dipilih sesuai dengan tema – tema materi pelajaran yang akan diajarkan. Film pembelajaran ini dengan latar budaya bangsa Perancis dan diakhiri dengan analisa kebahasaan. Tokoh utamanya ada 2 orang yaitu Francois dan Michelle. Mereka adalah pelajar yang sedamg melakukan magang. Penokohannya tepat sekali sesuai dengan dunia pelajar dan juga masa remaja.

Nah, dalam kehidupan mereka ada banyak hal. Diawali dari situasi pertemuan, perkenalan, berkunjung, berbelanja bahkan sampai mengisi waktu luang saat liburan. Para siswa dapat belajar tanpa harus susah payah menerjemahkan. Melalui tayangan mereka bisa secara langsung memahami apa yang harus dilakukan. Bagaimana cara bertutur, bersikap. Mereka langsung bisa melihat dari gesture dan ekspresi tokoh. Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Baca juga:  Metode Picture and Picture Tingkatkan Keaktifan Belajar Manusia Purba

Dalam pertemuan dan perkenalan siswa mempelajari tentang identitas diri, Meliputi: Cara bersikap dan menyapa (sopan dan menyesuaikan :. Enchantez); Kapan (pagi, siang atau malam) dan kepada siapa kita bicara (sesama, atau orang tua); memberi dan menjawab salam (Bonjour – bonnsoir); menanyakan kabar dan menjawabnya (comment _ allez vouz, ca va, Bien); menanyakan identitas diri (ke m’appelke…); macam- macam profesi (direkteur, stagiare, professeur etc); cara pelafalan dan ejaan (a-b-c-d-… z); mengenal waktu (jam dan angka); memberi salam perpisahan (au revoir); cara berterima kasih (Merci); mengenal latar dan budaya di Perancis. Mengenal bangunan- bangunan bersejarah, tempat wisata, situasi kota dan lain lain. la tour Eiffel, museum Louvre, etc); fasilitas umum (TGV, restaurant terapung, cafe, hotel, bandara etc).

Baca juga:  Meningkatkan Jiwa Wirausaha Siswa dengan Project Based Learning

Siswa dapat memahami pembelajaran dengan mudah. Mereka dapat menemukan kosa kata dan menirukan secara berulang. Dengan demikian pembelajaran bisa dilaksanakan secara efektif dan menyenangkan di kelas ataupun di laboratorium bahasa. Belajar Bahasa Prancis dengan mudah dan murah di lingkungan sendiri serta lebih hemat dan sehat. (pgn1/ton)

Guru Bahasa Prancis Madrasah Aliyah negeri Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya