alexametrics

Senang Bermain Congklak Menumbuhkan Karakter Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dengan majunya teknologi dan pengetahuan sekarang ini tidak bisa kita hindari bahkan harus mengikuti perkembangan zaman. Tapi kenyataannya dunia semakin maju kita sering melupakan tata cara, sopan santun dan aturan yang berlaku.
Kita sering mendengar di negeri ini baru terkena krisis siswa yang berkarakter bahkan kurikulum sekarang ini baru digalakkan pendidikan yang berkarakter. Untuk itu penulis berusaha meningkatkan karakter, siswa sejak dini dilatih menaati tata tertib yang berlaku.

Sebab nilai ulangan harian materi menaati tata tertib yang berlaku sangat rendah tidak sesuai harapan, ini terjadi di SDN Mlaten 2 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak untuk kelas II tema 5. Untuk mengajarkan tata tertib yang penulis fokuskan yaitu tata tertib yang berlaku saat bermain, sehingga penulis mengangkat bermain congklak. Permainan congklak mengandung unsur pendidikan yang kaya nilai-nilai karakter.

Permainan ini mengajarkan agar kita jujur, karena ketika kita bermain menyimpan batu ke dalam lubang yang berisi batu, orang lain atau lawan tidak melihat jumlah batu yang digenggam. Tidak melihat apakah benar-benar menjatuhkannya ke dalam lubang yang berisi batu atau pura-pura saja, hal ini mencegah perilaku curang, mencuri atau korupsi.

Baca juga:  Penerapan STEM untuk Tingkatkan Prestasi Belajar Materi Fluida Statis dan Kesetimbangan Benda Tegar

Permainan ini juga mengajarkan pada siswa menaati dan patuh pada aturan yang berlaku di permainan yang sedang dijalankan. Aturan ini sudah kita sepakati sebelum bermain dan disepakati bersama. Serta dididik sabar menunggu giliran bermain.

Selain itu dilatih belajar berhitung penjumlahan, perkalian dengan berulang serta pembagian, dan dilatih hidup hemat yaitu menabung di lumbung atau gunung dengan berusaha semaksimal mungkin. Setelah anak-anak bermain kita harus menerima kekalahan dan kemenangan apapun keputusannya, semua pihak harus menerima dengan senang hati tidak ada yang bertengkar.

Permainan ini sudah tidak asing lagi di daerah pedesaan pada zaman dahulu yang dimainkan anak-anak perempuan tapi anak laki-lakipun bisa memainkannya. Alat permainan ini terbuat dari plastik atau kayu berbentuk oval agak panjang kira-kira empat puluh sampai lima puluh cm tergantung banyak lubang.

Baca juga:  Eksiskan Kembali Eksta Pramuka untuk Kembalikan Karakter Siswa

Sisi kanan kiri dilubangi untuk menyimpan biji congklak berupa batu atau biji-bijian yang sudah dikeringkan, bisa juga dengan kerang. Lubang dibuat ada yang tujuh, sembilan dan empat belas ditambah ke dua ujung diberi gunung untuk menabung kedua tim atau pemain.

Permainan ini dimainkan oleh dua orang tapi bisa juga secara masal. Permainan berhadap-hadapan pada papan congklak. Tiap lubang diisi dengan biji congklak batu atau biji-bijian sebanyak lubang yang ada, kecuali gunung dibiarkan kosong untuk menampung pendapatan si pemain seperti gudang atau lumbung pemain bahkan bank.

Pada saat siswa bermain guru harus memantau jalannya bermain atau sebagai wasit. Di saat itulah guru berperan aktif sambil mengamati dan menilai aturan yang berlaku pada saat permainan berlangsung. Apakah siswa benar-benar menaati aturan bermain yang dibuat telah disepakati bersama. Guru harus punya catatan sebagai hasil pretasi yang lakukan siswa selama permainan.

Baca juga:  Pentingnya Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Siswa

Permainan ini sebagian nilai pelajaran yang bisa diambil dari permainan anak berupa congklak. Masih banyak lagi nilai moral yang bisa diambil sebagai pelajaran dan pendidikan dalam berbagai permainan anak-anak pedesaan yang memiliki nilai pendidikan dan pembentukan karakter.

Oleh karena itu sebaiknya permainan-permainan tradisional ini dilestarikan dan tetap dikenalkankepada anak-anak di samping permainan atau game-game modern yang tersebar di media oneline. Agar karakter anak Indonesia tetap terbangun dengan mencintai budaya tradisional. (gjh2/lis)

Guru SDN Mlaten 2 Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya