alexametrics

Antusiasme Guru IPS Mengikuti Bimtek PKB Menuju Sukses KP

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, GURU profesional adalah guru yang menguasai empat kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Kompetensi profesional adalah penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran dan diampu, mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan reflektif.

Kompetensi profesional dapat di kembangkan dengan melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), salah satu unsur kegiatan PKB adalah mengikuti diklat fungsional yg di selenggarakan oleh pemangku kebijakan seperti dinas pendidikan maupun pelaksanaan secara mandiri di sesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan guru.

Guru profesional adalah guru yang mampu mengembangkan profesi yang bermaratabat, sesuai dengan amanat UU Guru dan dosen. Untuk memenuhi tuntutan tersebut sebanyak 42 guru IPS secara sadar dan sukarela mengikuti bimtek PKB yang diselenggarakan MGMP IPS kabupaten Batang, bertempat di SMP Negeri 1 Batang, kegiatan di laksanakan empat kali pertemuan tatap muka dan satu bulan daring, narasumber bimtek PKB adalah guru prestasi tingkat nasional sekaligus tim penilai angka kredit tingkat kabupaten serta mengampu mata pelajaran IPS yang berunit kerja di SMP Negeri 1 Kandeman. Kegiatan bimtek PKB dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Batang Achmad Taufiq, S.P., M.Si, dalam sambutanya beliau berpesan guru haruslah terus mengembangkan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan guna meningkatkan kompetensi dan pengembangan karir guru, jangan hanya diam pada posisi yang sama tanpa mengembangkan profesinya. Teruslah berkembang sebarkan virus dan semangat dalam mengembangkan profesi sehingga menyebar kepada guru yang lain sehingga gelar guru yang profesional dan kompeten layak disandang.

Baca juga:  Serunya Belajar Materi ASEAN dengan Metode TGT

Adapun materi bimtek PKB disesuaikan dengan kebutuhan peserta yang berkaitan dengan kenaikan pangkat, diantaranya adalah pengisian Dupak beserta penyusunan laporan dupak, Pengembangan diri beserta laporan pengembangan diri, Publikasi ilmiah beserta laporan penyusunan publikasi ilmiah, karya inovatif beserta laporan karya inovatif.

Selama bimtek PKB berlansung terjalin komunikasi interaktif antara narasumber dan peserta, sangat terlihat antusiasme peserta dalam mengikuti bimtek PKB dari begitu banyaknya pertanyaan selalu mengalir, sepertinya banyak yang ingin di gali dan diketahui peserta bimtek PKB karena memiliki tujuan supaya dapat mengajukan dan sukses dalam kenaikan pangkat.

Kegiatan Bimtek PKB berlanjut dengan daring selama satu bulan, dalam daring peserta bimtek diberi keleluasaan untuk menanyakan dan berkonsultasi terkait bukti fisik untuk pengajuan kenaikan pangkat, antusiasme peserta bimtek sangat luar biasa, adanya keinginan untuk keluar dari zona nyaman sangat terlihat, dari peserta yang baru golongan III, sampai dengan peserta yang mangkrak di golongan IV/a puluhan tahun, semua memiliki semangat untuk memperoleh ilmu dan digunakan untuk kenaikan pangkat.

Baca juga:  Pembelajaran Letak dan Luas Benua dengan Think Pair Share

Kegitan bimtek PKB di tutup oleh kepala bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan kabupaten Batang Dra. Endang Pujiarti, M.M dan beliau berpesan jadilah guru profesional yang selalu mengembangkan PKB guna peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dan pengembangan karir melalui kenaikan pangkat, lebih lanjut beliau menyatakan bahwa untuk KP tidak hanya mengajukan publikasi ilmiah saja yang sudah banyak di ajukan diantaranya berupa karya tulis atau penelitian tindakan kelas, tetapi guru juga diharapkan mampu membuat karya inovatif berupa media pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan masih sangat jarang di buat oleh guru.
Dengan PKB, mampu meningkatkan citra, harkat dan martabat profesi serta pengembangan karir guru. Bonus yang diperoleh guru dengan melaksanakan PKB terpenuhinya angka kredit guru untuk kenaikan pangkat yang merupakan ukuran capaian keberhasilan prestasi guru. (pkl1/zal)

Baca juga:  Pupuk Semangat Belajar IPS di Tengah Pandemi

Guru IPS SMPN 1 Kandeman

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya