alexametrics

Tumbuhkan Sikap Kerja Sama melalui Kegiatan Pramuka

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BERBICARA masalah pendidikan, pasti banyak sekali yang akan dibahas. Mulai apa itu hakekat pendidikan, model pendidikan, sistem pendidikan, bahkan ada yang disebut karakter yang tercantum dalam pendidikan. Dari pendidikan pula, banyak ahli yang memberikan pengertian atau teori pendidikan. Apalagi dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan (PPKN) di MTs Negeri 2 Kendal.

Salah satunya yang dikemukakan oleh Piaget yang merumuskan teori kognitif yang berarti bahwa belajar itu lebih mementingkan proses daripada hasil belajar tersebut. Jadi kesimpulan dari teori Piaget yaitu seseorang akan dikatakan telah berhasil dalam belajar, ketika di dalam prosesnya dia telah berusaha melakukan dan mencoba sebisanya walaupun hasilnya kurang memuaskan, karena yang dilihat adalah proses bukan hasil. Dari teori Pieget tersebut, kebanyakan orang lebih mementingkan hasilnya daripada proses yang mereka tempuh.

Pendidikan karakter adalah suatu gerakan yang dilakukan dari pihak pendidik yang lebih menekankan pada pembentukan karakter terhadap siswanya yang sesuai dengan nilai utama pendidikan karakter. Di antaranya yaitu gotong royong atau kerja sama. Di dalam dunia, sebagai mahluk sosial tidak dapat hidup secara individual, pasti akan membutuhkan bantuan dan campur tangan dari orang lain. Dari situlah timbul sikap gotong royong atau kerja sama dalam kehidupan di madrasah, khususnya di MTs Negeri 2 Kendal.

Baca juga:  Sepuluh Menit Hapal Semua Alat-Alat Praktikum Kimia

Biasanya guru di sekolah selalu mengaitkan kegiatan di dalam maupun di luar kelas dengan kegiatan bekerja sama. Seperti halnya tugas kelompok yang dilakukan bersama agar siswa lebih mengetahui dan saling bertukar pikiran dengan yang lainnya. Ada juga kegiatan gotong royong atau kerja sama seperti halnya bersama-sama membersihkan kelas setelah pulang sekolah, agar kelas terlihat rapi dan nyaman untuk dipakai dalam kegiatan belajar.
Tetapi terkadang yang diajarkan hanya pada waktu tertentu, membuat anak-anak menjadi jarang melakukannya dan lama kelamaan menjadi individual kembali. Dari sinilah kegiatan Pramuka sangat berperan penting dalam membentuk karakter anak khususnya dalam bergotong royong atau bekerja sama dalam hal kebaikan. Di dalam kegiatan pramuka, anak akan diajarkan untuk selalu bekerja sama dan bergotong royong dalam berbagai hal. Karena pramuka juga menjunjung prinsip kekeluargaan.

Baca juga:  Tetap Bersemangat Belajar di Masa C-19 dengan Model Station Rotation

Dari kegiatan pramuka anak akan lebih banyak diberikan tugas yang sifatnya bekerja sama atau gotong royong, seperti kegiatan membuat tandu. Anak akan diperintahkan untuk saling bekerja sama, saling membantu, dan kompak agar tugas yang diberikan cepat diselesaikan. Dari kegiatan gotong royong atau kerja sama tersebut, anak akan lebih mengerti dengan hal-hal yang dirinya sendiri belum dipahami. Dengan kata lain, anak dapat saling bertukar pikiran. Dengan bergotong royong atau bekerja sama pula, anak akan merasa kalau apa yang dikerjakannya terasa lebih mudah dan cepat selesai jika bersama–sama, tetapi harus tetap dalam konteks kebaikan.

Jika anak sudah mulai ditanamkan dan dibiasakan bersikap gotong royong atau bekerja sama pada setiap pertemuan pramuka tersebut, maka anak akan terbiasa melakukannya. Tidak hanya pada saat kegiatan pramuka, tetapi di setiap kesempatan akan selalu terdorong untuk mengajak teman–temannya untuk membantu orang lain yang sedang dalam kesusahan dengan cara gotong royong atau bekerja sama, seperti halnya anak–anak yang sudah ditanamkan sikap bekerja sama dalam kegiatan pramuka, mereka akan membantu teman yang sakit dengan cara memberikan sumbangan semampunya dengan cara bersama-sama mengajak yang lain agar ikut berbuat kebaikan. Karena apa yang dilakukan bersama akan terasa ringan.
Dengan adanya kegiatan pramuka, sangat berhubungan dan saling berkaitan dengan pendidikan karakter khususnya dalam menanamkan sikap gotong royong atau bekerja sama. (pgn1/ida)

Baca juga:  Telling Story with Pictures Mudahkan Siswa Belajar Bercerita

Guru PPKn MTs Negeri 2 Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya