alexametrics

Mudah Menulis Descriptive Text dengan PWIM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran Bahasa Inggris masih dipandang sulit bagi siswa setingkat SMP. Pandangan ini tentunya akan mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar siswa. Hal ini dipicu karena proses pembelajarannya yang masih bersifat konvensional. Materi jauh dari kehidupan nyata siswa. Satu arah di mana guru masih mendominasi dalam pembelajaran tersebut (teacher’s centre). Sehingga hasil belajar rendah khususnya pada materi menulis descriptive text. Hal tersebut tampak dari keaktifan, semangat, kreativitas dan kedisiplinan dalam mengikuti pembelajaran kurang. Dari 32 siswa yang mengikuti ulangan, hanya 30 persen siswa yang tuntas, sedangkan 70 persen siswa mendapatkan nilai di bawah KKM atau tidak tuntas.

Oleh karena itu, perlu adanya inovasi pembelajaran yang mampu memberikan motivasi, semangat dan kreatifitas siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Rusman (2010:202) “Bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen”.

Baca juga:  Permudah Belajar Pola Busana dengan Media Video

Dari permasalahan tersebut, penulis memilih metode picture word inductive model (PWIM) pada materi menulis descriptive text. Penulis menggunakan metode ini dengan harapan siswa SMP Negeri 34 Semarang akan termotivasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Metode PWIM merupakan sebuah pendekatan pembelajaran dengan gambar-gambar, foto yang berisikan objek-objek, tindakan-tindakan, atau peristiwa-peristiwa yang familiar (akrab) untuk memancing siswa mengeluarkan kata-kata dari kosakata siswa sendiri, berinkuiri (hasrat ingan tahu) dari kata-kata yang mereka temukan dari gambar, hingga penyusunan kalimat dan paragraf.

Strategi PWIM untuk melatih kemampuan berpikir induktif siswa dengan karakter dan latar belakang yang berbeda. Siswa dibimbing dengan delapan langkah yaitu: Pertama, memilih sebuah gambar. Gambar berupa foto, lukisan, kartun atau apa saja, yang bermakna, memiliki tema tertentu yang disesuaikan dengan kurikulum yang ada. Gambar berukuran cukup besar yang dapat dilihat oleh seluruh siswa di kelas. Kedua, mengidentifikasi bagian-bagian gambar. Siswa mengidentifikasi objek yang dipajang di papan tulis. Memperhatikan dengan seksama setiap detail gambar, baik berupa objek, kejadian, situasi maupun tindakan-tindakan. Ketiga, memberi label atau kata. Beri label pada bagian-bagian gambar yang telah diidentifikasi. Guru dapat menggambar garis dari wilayah atau objek yang telah diidentifiksi siswa. Keempat, menambahkan kata. Guru dapat menambahkan kata-kata, bila tidak ditemukan oleh siswa.

Baca juga:  Sosiodrama Tingkatkan Keterampilan Memeragakan Pesan dalam Dongeng

Kelima, mengklasifikasi jenis kata. Siswa diminta untuk menggolong-golongkan jenis kata sesuai dengan kelompoknya. Keenam, memberi judul pada gambar. Membimbing siswa untuk menciptakan judul yang sesuai dari gambar kata. Ketujuh, membuat kalimat. Bimbing siswa membuat kalimat berdasarkan pemikiran-pemikiran dan tuliska satu persatu di papan tulis. Kedelapan, mengklasifikasikan kalimat dan membuat paragraf. Bagian ini sedikit agak sulit, karena itu guru dapat memberi contoh. Kemudian guru juga memodelkan bagaimana cara menempatkan kalimat-kalimat sehingga dapat menjadi sebuah paragraf yang utuh. Tuliskan paragraf di papan tulis.

Hasil pembelajaran dengan model PWIM dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa, terjadi perubahan perilaku belajar siswa dari aspek keaktifan, kreativitas, semangat, dan disiplin dengan kategori baik dan sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Meskipun masih ada siswa yang belum tuntas. Namun secara klasikal pencapaian nilai keberhasilan 90 persen di atas KKM. (gml1/aro)

Baca juga:  Layanan Klasikal dengan Video SOM Lebih Menarik

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 34 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya