alexametrics

Mudah Pahami Materi Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia dengan TTS

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pelajaran IPS selalu identik dengan hafalan yang banyak, membaca, mencatat, sehingga kadang banyak peserta didik yang kurang semangat. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil yang dicapai. Guru sebagai agency of change harus mampu memilih metode yang tepat sesuai dengan tujuan dan keadaan pembelajaran. Cara menentukan sebuah metode pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran akan berbeda untuk setiap mata pelajaran. Karena disesuaikan dengan karakteristik materi pada masing-masing mata pelajaran. Bahkan akan berbeda pula untuk setiap materi dalam satu mata pelajaran, khususnya IPS terpadu yang merupakan perpaduan dari beberapa cabang ilmu.

Penulis sering menemui rendahnya semangat belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, sehingga hasil yang diharapkan jauh dari kata memuaskan. Penulis berpikir bagaimana cara mendongkrak semangat belajar peserta didik tersebut. Materi Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia merupakan salah satu materi yang dianggap membosankan. Nah, untuk meningkatkan semangat dan hasil belajar peserta didik, penulis mencoba menerapkan metode Teka Teki Silang (TTS) dalam pembelajaran materi tersebut. Dengan harapan dapat mendongkrak semangat belajar peserta didik, dan tiada lagi rasa jenuh, sehingga nilai yang diperoleh akan memuaskan.

Baca juga:  Pembelajaran Daring Fisika melalui Tingkatan Inquiry, Alternatif Merdeka Belajar

Menurut Zaini dkk (2008:71) menyatakan bahwa teka-teki dapat digunakan sebagai pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung, bahkan pembelajaran dengan TTS dapat melibatkan partisipasi peserta didik secara aktif sejak awal. Dengan menggunakan TTS ini diharapkan peserta didik bisa lebih bersemangat untuk mempelajari materi pelajaran serta termotivasi untuk turut serta aktif dalam aktivitas belajar di sekolah. Fungsi dari TTS itu sendiri yaitu membangun saraf-saraf otak yang memberi efek menyegarkan ingatan, sehingga fungsi kerja otak kembali optimal. Sebab, otak dibiasakan untuk terus-menerus belajar dengan santai. Karena belajar dengan santai inilah yang dapat membuat peserta didik menjadi lebih paham dan mudah masuk dalam ingatan. Sehingga peserta didik tidak mudah lupa dengan materi yang sudah diajarkan.

Baca juga:  Belajar Bioteknologi Melatih Siswa Berwirausaha

Langkah – langkah pembelajaran dengan menggunakan metode TTS antara lain: Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan diajarkan. Guru membagi kelas menjadi 5 – 6 kelompok. Guru membagikan teka teki silang yang sudah disiapkan sebelumnya dan memberikan penjelasan tentang cara pengisian teka teki silang. Setiap kelompok mengerjakan dengan batasan waktu yang sudah ditentukan. Guru memberikan reward berupa hadiah maupun pujian kepada kelompok yang paling cepat dan benar. Guru memberikan kesimpulan dan memberi waktu kepada peserta didik untuk bertanya.

Dari hasil penerapan metode ini, untuk materi Kondisi Alam Negara – Negara di Dunia yang terdapat pada KD 3.1. ternyata peserta didik sangat semangat dan antusias, sehingga nilai yang diperoleh peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Lebakbarang cukup memuaskan. Selain ada unsur permainannya, TTS juga ada unsur pendidikannya, di mana dengan TTS tersebut secara tidak sadar peserta didik belajar, sehingga diharapkan selain kesenangan juga didapatkan pengetahuan dan pemahaman materi pelajaran. TTS yang digunakan akan memberikan nilai yang positif bagi peserta didik. Hal ini disebabkan karena dengan menjawab dan mengerjakan bersama, peserta didik akan selalu berlomba untuk dapat menemukan jawabannya dengan benar, sehingga akan muncul persaingan sehat. Rasa kebersamaan yang tinggi juga akan tumbuh. Jika salah satu peserta didik yang menemukan jawaban, maka peserta didik lain dalam kelompoknya juga akan mengetahui jawaban yang benar. (kdw1/aro)

Baca juga:  Belajar Matematika Itu Mudah dan Menyenangkan

Guru IPS SMP N 1 Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan.=

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya