alexametrics

Menelaah Teks Persuasi melalui Peer Teaching dengan Media Pakar Berbintang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Masih banyak pendidik masih mengidap penyakit asma (asal masuk kelas) dan kusta (kurang strategi). Pendidik belum mampu move on dari paradigma lama dalam mengajar. Metode pembelajaran monoton dan klasikal yang sudah tidak sesuai zamannya masih selalu diterapkan. Hal itu menyebabkan peserta didik merasa bosan. Akibatnya, peserta didik kurang semangat, mengantuk, bahkan asyik ngobrol dengan temannya pada saat pembelajaran. Akhirnya, pendidik dan peserta didik sama-sama sakit.

Untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut, pendidik harus mampu mencari obat dengan cara berinovasi dan berkreasi dalam kegiatan pembelajaran di kelasnya. Salah satu cara yang dapat diterapkan adalah pembelajaran Bahasa Indonesia materi menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi melalui metode peer teaching dengan media pakar berbintang.

Peer teaching (tutor sebaya) adalah metode pembelajaran di mana beberapa siswa ditunjuk atau ditugaskan untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar agar temannya tersebut bisa memahami materi dengan baik (Ahmadi dan Supriyono, 2004). Agar lebih menarik, metode ini dikombinasikan dengan memanfaatkan media pakar berbintang. Pakar (pajang karya) berbintang yaitu memajang karya (bisa berbentuk poster) di papan pajang, papan tulis, atau bisa di dinding kelas jika hasil karya peserta didik banyak. Karya yang bagus nantinya akan diapresiasi peserta didik lainnya dengan cara menempelkan gambar bintang pada karya yang dipajang tersebut.

Baca juga:  Belajar IPS Lebih Menyenangkan dengan Kuis

Langkah-langkah pembelajaran Bahasa Indonesia materi menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi melalui peer teaching dengan media pakar berbintang adalah sebagai berikut: Pendidik menyiapkan beberapa materi, kertas karton dan potongan kertas bergambar bintang. Guru membentuk kelompok beranggotakan 4 – 5 siswa dengan latar belakang heterogen dan memberikan materi yang berbeda kepada setiap kelompok tersebut. Guru juga membagikan kertas karton dan beberapa potongan gambar bintang kepada peserta didik.

Ketua kelompok memandu anggotanya untuk berdiskusi dan memahami materi yang dibagikan guru. Selanjutnya peserta didik masih dalam kelompok bekerja sama untuk membuat karya / poster yang berisi ringkasan materi yang dipelajari berupa diagram, grafik, atau gambar lainnya. Hasil karya dipajang dan dijaga oleh seorang anggota yang memiliki kemampuan lebih sekaligus bertugas sebagai tutor sebaya. Anggota lain berkunjung ke karya milik kelompok lain. Peserta didik yang berkunjung bisa bertanya atau memberi tanggapan kepada penjaga seputar materi yang terdapat dalam karya dipajang. Penjaga karya berperan sebagai tutor sebaya berusaha untuk menjawab pertanyaan atau tanggapan tersebut. Peserta didik bisa memberikan bintang jika menganggap tutor atau karya yang dipajang bagus.

Baca juga:  Pembelajaran Menyajikan Teks Persuasi dengan Media Iklan dan Poster

Di kegiatan penutup, pendidik menegaskan kembali materi pembelajaran dan memberi reward. Kelompok yang mendapat tempelan bintang terbanyak pada karyanya diberi reward atau hadiah.Terakhir, pendidik dan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hasil yang dapat diamati dari penerapan pembelajaan Bahasa Indonesia materi menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi melalui metode peer teaching dengan media pakar berbintang yang sudah ditarapkan pada siswa kelas VIII D MTs Sholihiyyah Kalitengah, Mranggen, Demak adalah peserta didik lebih menguasai materi karena mereka dituntut untuk mampu memvisualisasi materi dalam bentuk karya yang dipajang. Selain itu, peserta didik lebih antusias berkunjung dan membaca materi dalam karya yang dipajang. Peserta didik juga lebih aktif dan tertarik, serta merasa nyaman menerima penjelasan dari temannya sendiri yang bertugas sebagai tutor sebaya. Dengan demikian, hasil belajar peserta didik lebih meningkat baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. (ttg4/aro)

Baca juga:  Pembelajaran Sentra dan Lingkaran Membentuk Karakter Siswa PAUD

Guru Bahasa Indonesia MTs Sholihiyyah Kalitengah, Mranggen, Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya