alexametrics

Examples Non Examples Solusi Pembelajaran Lingkungan Hidup

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Proses pembelajaran kurikulum 13 menuntut guru untuk lebih kreatif dalam pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan lebih menyenangkan bagi peserta didik sehingga meningkatkan minat belajar. Materi lingkungan hidup pada kelas XI IPS merupakan materi yang kurang menarik sehingga hasil belajar pada materi lingkungan hidup rendah.

Ada beberapa masalah yang saya hadapi ketika mengajar materi lingkungan hidup dikelas XI IPS SMAN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Minat peserta didik dalam belajar rendah dengan indikator pada umumnya peserta didik yang menjawab pertanyaan guru adalah peserta didik tertentu, yaitu peserta didik yang berminat pada pelajaran geografi saja. Pada proses pembelajaran ada peserta didik yang tidak konsentrasi, melamun dan mengerjakan tugas pelajaran lain.

Metode Examples Non Examples dapat menjadi solusi dalam mengatasi masalah pembelajaran. Metode ini, membawa kondisi riil di alam ke kelas menggunakan gambar atau video, sehingga bukan hal yang abstrak bagi peserta didik.

Baca juga:  Model Kartu Gambar Tingkatkan Pemahaman Siswa Tentang TanHaKi

Dalam proses pembelajaran pada materi ini diawali dengan kegiatan pendahuluan. Guru menayangkan gambar kerusakan lingkungan untuk menarik keingintahuan siswa tentang materi yang akan dibahas. Dalam Metode Examples Non Examples siswa diajarkan untuk menganalisa gambar, bekerja sama secara berkelompok dan berani mengemukakan pendapat.

Secara garis besar langkah-langkah metode ini adalah : 1) Guru mempersiapkan gambar kerusakan lingkungan hidup yang terjadi di lingkungan peserta didik. 2) Guru menayangkan gambar. 3) Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peseta didik untuk memperhatikan atau menganalisa gambar. 4) Melalui diskusi kelompok 4 orang, peserta didik mengamati hasil gambar yang ditayangkan dan mendiskusikan secara berkelompok. 5) Tiap kelompok diberi kesempatan mempresentasikan hasil diskusinya. Sedang kelompok lain menanggapi. 6) Mulai dari komentar atau hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. 7) Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dari gambar kerusakan lingkungan.

Baca juga:  Optimalisasi Peran Kepala Sekolah, Efektifkan Pelaksanaan PJJ

Pada masing-masing langkah Metode Examples Non Examples guru memiliki peran sebagai fasilitator dan evaluator. Sehingga kegiatan peserta didik dalam pembelajaran dapat terpantau dan terarahkan. Tidak terjadi lagi peserta didik bermain hp, mengantuk dan cerita dengan temannya.

Kelebihannya Metode Examples Non Examples sebagai berikut.1) kegiatan belajar lebih menarik sehingga motivasi belajar peserta didik lebih tinggi, 2) hakikat belajar akan lebih bermakna sebab peserta didik dapat melihat situasi dengan keadaan yang sebenarnya atau kenyataan melalui gambar, 3) bahan-bahan yang dipelajari lebih kaya serta faktual kebenarannya lebih akurat, 4) kegiatan peserta didik lebih komprehensif dan lebih aktual sebab dapat dilakukan dengan berbagai cara melihat, memahami, menuangkan hasil analisas, 5) Peserta didik dapat memahami dan menghayati aspek-aspek pengetahuan baru yang diperoleh.

Baca juga:  Pembiasaan Perilaku Terpuji Hemat Siswa SD dengan Tabung Ajaib

Ternyata penerapan Metode Examples Non Examples pada pembelajaran materi lingkungan hidup dapat meningkatkan minat belajar peserta didik karena mereka ikut berperan dalam pembelajaran. Tidak hanya sebagai obyek pembelajaran. Hal ini berdampak pula dalam capain hasil belajar. (kdw1/ton)

Guru Geografi SMAN 1 Bojong Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya