alexametrics

Peningkatan HaBe dengan Model Everyone Is A Teacher

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MENCIPTAKAN kondisi yang kondusif agar peserta didik bisa belajar dengan maksimal merupakan hal yang sangat penting bagi guru dalam proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar perlu adanya interaksi aktif antara guru dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik sehingga keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran dapat tercapai. Sebagai tolok ukur keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah hasil belajar yang dicapai peserta didik

Bagi guru di sekolah mengajarkan konsep-konsep materi sistem persamaan linear dua variabel tersebut tidak mengalami kesulitan, tetapi proses pembelajarannya yang monoton, baik dari segi materi, konsep, maupun pola pembelajarannya. Di samping itu materi sistem persamaan linear dua variabel biasanya dianggap sebagai pelajaran yang tidak menarik, karena memerlukan langkah yang panjang untuk menyelesaikannya. Hal tersebut berdampak pada peserta didik, yaitu peserta didik mengalami kejenuhan, yang pada gilirannya peserta didik kurang memperhatikan pelajaran, peserta didik tidak aktif (peserta didik hanya diam mendengarkan ceramah guru), sehingga berakibat pada hasil belajar yang tidak tuntas.

Baca juga:  Implikasi Edmodo untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Strategi pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Ketika peserta didik belajar dengan aktif, berarti mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran. Dengan belajar aktif ini peserta didik diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental tetapi juga melibatkan fisik. Dengan cara ini biasanya peserta didik akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan (Hisyam Zaini, dkk. 2007:XVI).

Ketika peserta didik hanya pasif menerima dari guru, dalam hal ini adalah bentuk pembelajarn konvensional, ada kecenderungan untuk lebih cepat melupakan apa yang telah diberikan oleh guru. Oleh sebab itu diperlukan perangkat tertentu untuk mengikat informasi yang baru saja diterima. Pembelajaran aktif adalah salah satu cara untuk mengikat informasi yang baru kemudian menyimpan dalam otak. Karena salah satu faktor yang menyebabkan informasi cepat terlupakan adalah faktor kelemahan otak manusia sendiri.
Dari berbagai macam model strategi pembelajaran aktif, satu di antaranya adalah Everyone is a Teacher atau semua bisa jadi guru (Hisyam Zaini, dkk. 2007:63). Strategi ini sangat tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual. Strategi ini memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk beperan sebagai guru bagi teman-temannya sendiri. Strategi tersebut sudah diterapkan pada peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pegandon pada materi sistem persamaan linear dua variabel.

Baca juga:  PJBL Pembuatan Model Organ Tingkatkan Kompetensi Sistem Ekskresi

Langkah-langkah pelaksanaan dengan strategi Everyone is a Teacher adalah sebagai berikut; guru memberikan pengantar dulu dan memberikan ulasan sedikit dari pokok bahasan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, kemudian peserta didik mengkaji materi pokok bahasan dari buku pelajaran dan menuliskan dalam kartu soal yang dibagikan oleh guru satu pertanyaan tentang materi pelajaran yang tengah dipelajari. Kemudian kartu pertanyaan dikumpulkan dan dibagikan kembali kepada peserta didik dengan acak dengan catatan tidak ada peserta didik yang menerima kembali kartu pertanyaannya. Masing-masing peserta didik memikirkan dan mencari jawaban dari kartu soal yang diterima, jawaban tidak boleh ditulis. Kemudian masing-masing mempresentasikan jawabannya didepan kelas, peserta didik yang lain memberikan tanggapan. Demikian seterusnya sampai semua dapat giliran, dan setelah selesai, guru memberikan kesimpulan dan mengevaluasi hasil jawaban peserta didik.

Baca juga:  Lingkungan Belajar Dukung Keberhasilan Pembelajaran Materi Conversation

Pembelajaran matematika melalui penerapan strategi Everyone is a Teacher terbukti berhasil meningkatkan Hasil Belajar (HaBe) peserta didik pada kelas VIIIA SMP Negeri 2 Pegandon pada materi sistem persamaan linear dua variabel, sehingga mendapatkan hasil maksimal. (ikd2/ida)

Guru Matematika SMP Negeri 2 Pegandon

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya