alexametrics

Pembelajaran Puisi Lebih Aktif dan Kreatif dengan MP4BAP

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran puisi sering kali menjadi momok bagi siswa yang tidak suka pelajaran sastra. Penulis sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonsia menghadapi masalah tersebut mencoba menerapkan MP4BAP dalam pembelajaran menulis puisi di unit kerja penulis yaitu SMA Negeri 2 Ungaran. MP4BAP adalah Model Pembelajaran Pelatihan Penugasan Pembuatan Buku Antologi Puisi.

MP4BAP adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa diharapkan dapat menguasai kompetensi menulis puisi. Siswa akan lebih aktif dan kreatif melalui pelatihan menulis puisi yang diikutinya, serta rasa bangga akan dimiliki siswa karena di akhir pembelajaran puisi dengan MP4BAP siswa dapat menghasilkan karya yang berupa buku antologi puisi karya sendiri.

Adapun langkah-langkah MP4BAP adalah sebagai berikut. Pertama, pemberian tugas menulis puisi. Guru memberi tugas kepada siswa untuk menulis puisi sejumlah minimal 30 puisi dengan diberi waktu selama 30 hari sebelum tiba pembelajaran puisi. Jadi siswa bisa menulis puisi sehari satu puisi. Siswa ditugasi menulis puisi dengan tema bebas. Tugas ini dikerjakan di luar jam pembelajaran.

Baca juga:  Deskripsikan Unsur Intrinsik Cerpen melalui Cooperative Learning Model Jigsaw

Kedua, guru membagi kelompok dalam kelas. Penugasan ini diberikan secara individu tetapi guru tetap membagi kelas dalam kelompok, perkelompok terdiri dari 4 sampai dengan 5 siswa. Fungsi dibentuk kelompok adalah siswa di dalam kelompoknya dapat selalu berdiskusi tentang perkembangan penugasan dan hasil puisi yang mereka tulis.

Ketiga, guru melakukan pelatihan singkat saat pemantauan tugas. Guru akan memantau perkembangan penugasan menulis puisi setiap kali guru masuk kelas, selama masa penugasan. Guru menyediakan waktu sekitar 15 menit untuk melakukan pelatihan singkat sebelum waktu pembelajaran dengan KD yang berbeda dihari itu. Guru menanyakan pada tiap-tiap kelompok sudah berapa puisi yang mereka tulis, jika satu hari satu puisi berarti siswa harus sudah membuat puisi dengan jumlah yang sama dengan jumlah hari sejak guru memberi penugasan. Guru mencatat dan memberikan pujian pada kelompok siswa yang bisa menulis puisi sesuai dengan target yang ditentukan. Guru juga bertanya mengenai kesulitan atau kendala apa yang mereka hadapi saat mengerjakan tugas menulis puisi.

Baca juga:  Bernalar Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran IPA

Waktu 15 menit untuk pelatihan saat pemantauan tugas sangatlah singkat jadi harus benar-benar diperhatikan guru. Guru bisa membuat jadwal dan rencana pelatihan tersebut sebelumnya agar tidak mengganggu atau mengambil jatah waktu materi lain. Karena memang langkah kedua pada MP4BAP ini mengambil waktu 15 menit pada pembelajaran KD lain yang diajarkan pada hari itu.

Keempat, setelah waktu 30 hari sudah tiba maka guru menugasi siswa untuk segera membuat kumpulan puisi yang telah dibuat disusun dan dicetak menjadi sebuah buku antologi puisi. Sebelum dimasukkan ke percetakan tentu saja guru membimbing tiap-tiap kelompok untuk saling mengoreksi milik teman, setelah itu mengedit hingga menjadi buku antologi puisi yang siap cetak. Jika buku itu telah dicetak guru mulai menilai hasil tulisan siswa.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Bahasa Inggris di Perpustakaan

Demikianlah pembelajaran puisi dengan MP4BAP yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif dalam pembelajaran puisi dan tentu saja hasil penugasan akan membuat siswa bangga karena dia telah berhasil menyusun buku karya sendiri. Selamat mencoba. (ug1/ton)

Guru SMA Negeri 2 Ungaran

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya