alexametrics

Tingkatkan Hasil Matematika dengan Metode Drill

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA merupakan salah satu mata pelajaran wajib, mempunyai ciri ciri khusus antara lain abstrak, deduktif, hierarkis dan logis. Untuk itu ciri keabstrakan matematika dan beserta ciri lainya yang tidak sederhana, sehingga menyebabkan matematika tidak mudah untuk dipelajari, dan pada akhirnya banyak peserta didik yang kurang tertarik terhadap matematika dan menjadi hantu yang menakutkan bagi peserta didik khususnya kelas VI di SD Negeri 01 Belik, sehingga nilai yang didapatkan di bawah KKM.

Pada pembelajaran matematika harus terdapat keterkaitan antara pengalaman belajar siswa sebelumnya dengan konsep yang akan diajarkan. Hal ini sesuai dengan “pembelajaran spiral”., sebagai konsekuensi dalil bruner. Dalam matematika setiap konsep berkaitan dengan konsep lain, dan suatu konsep menjadi prasyarat dari konsep lain. Oleh karena itu siswa harus di beri lebih banyak kesempatan untuk melakukan keterkaitan tersebut. Heruman, Model Pembelajaran Matematika, (Bandung : rosda 2013), Dengan metode drill yang dilakukan pada pembelajaran Matematika itu sangat membantu pada proses pembelajaran, karena itu dilakukan dengan cara memberikan latihan yang berulang-ulang pada materi yang nantinya akan diajarkan, sehingga setelah dilakukannya drill tentang materi tersebut nantinya bisa membantu dalam proses pembelajaran Matematika, karena itu dilakukan secara berkelanjutan.

Baca juga:  PhET: Media Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika

Roestiyah N.K menjelaskan bahwa metode drill adalah suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan latihan- latihan, agar siswa memiliki ketangkasan atau ketrampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari. Roestyah N.K, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2001).

Tujuan Penggunaan Metode Drill

Adapun tujuan penggunaan metode drill adalah diharapkan agar siswa (Armai, 2002:175) : 1). Memiliki ketrampilan moroeis/gerak, misalnya menghafal kata-kata, menulis, mempergunakan alat, membuat suatu bentuk, atau melaksanakan gerak dalam olah raga, 2). Mengembangkan kecakapan intelek, seperti mengalikan, membagikan, menjumlah, tanda baca, dll, 3). Memiliki kemampuan menghubungkan antara suatu keadaan, misalnya hubungan sebab akibat banyak hujan maka akan terjadi banjir, antara huruf dan bunyi, dll, 4). Dapat menggunakan daya pikirnya yang makin lama makin bertambah baik, karena dengan pengajaran yang baik maka anak didik akan menjadi lebih baik teratur dan lebih teliti dalam mendorong ingatannya, 5). Pengetahuan anak didik akan bertambah dari berbagai segi dan anak didik tersebut akan memperoleh pemahaman yang lebih baik dan lebih mendalam.
Langkah-Langkah Penggunaan Metode Drill. Metode drill dapat lebih maksimal jika dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Persuasi pada Siswa dengan Strategi Terbimbing

Kegiatan guru : Mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan atau perintah-perintah beserta jawabannya. Mengajukan pertanyaan secara lisan, tertulis, atau memberikan perintah untuk melakukan sesuatu. Mendengarkan jawaban lisan atau memeriksa jawaban tertulis atau melihat gerakan yang dilakukan. Mengajukan kembali berulang-ulang pertanyaan atau perintah yang telah diajukan dan didengar jawabannya.

Kegiatan murid : Mendengarkan baik-baik pertanyaan atau perintah yang diajukan guru kepadanya. Menjawab secara lisan atau tertulis atau melakukan gerakan seperti yang diperintahkan. Mengulang kembali jawaban atau gerakan sebanyak permintaan guru. Mendengarkan pertanyaan atau perintah berikutnya.

Metode drill memiliki kelebihan sebagai berikut: Dalam waktu yang relatif singkat, dapat diperoleh penguasaan dan ketrampilan yang diharapkan. Akan tertanam pada setiap pribadi anak kebiasaan belajar secara rutin dan disiplin. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan metode Drill hasil nilai pelajaran Matematika kelas VI SD N 01 Belik dapat ditingkatkan, (pm2/zal)

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Model RME

SDN 01 Belik, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya