alexametrics

Resitasi Meningkatkan Gairah Belajar Kesetimbangan Kimia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,Sebagian besar peserta didik akan mengatakan bahwa belajar kimia itu susah, membosankan dan tidak menyenangkan. Ini menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat yang harus dihadapi seorang guru kimia utamanya pada materi kesetimbangan kimia kelas XI semester satu.

Guru harus mencari cara bagaimana menumbuhkan semangat dan minat belajar materi kesetimbangan kimia kepada anak didiknya. Pada materi kesetimbangan kimia banyak terdapat konsep-konsep teori dan juga perhitungan. Hal ini salah satunya yang menyebabkan anak kurang minat belajar kimia. Disamping itu cakupan materi yang cukup luas sering kali target waktu dari guru tidak tercapai.

Belajar merupakan masalah yang esensial bagi para peserta didik, yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri peserta didik. Perubahan sebagai proses hasil belajar dapat ditunjukkan dengan berbagai bentuk seperti perubahan pada pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku serta keterampilan pada diri seseorang.

Baca juga:  Pohon Soal Meningkatkan Gairah Belajar Siswa

Hasil belajar siswa banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik berasal dari diri (internal) maupun dari luar dirinya (eksternal). Metode mengajar merupakan cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan belajar dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Manfaat metode mengajar yaitu memudahkan guru dalam menyampaikan bahan pelajaran kepada anak didik. Ilmu kimia hendaknya diajarkan dengan suatu strategi atau metode yang memungkinkan siswa bersikap aktif kreatif sehingga menjadi pengetahuan yang bermakna bagi siswa.
Resitasi merupakan metode penyajian bahan di mana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar baik di dalam kelas maupun di luar sekolah. Teknik resitasi digunakan dengan tujuan agar siswa memiliki hasil belajar yang lebih mantap karena siswa melaksanakan latihan-latihan. Disamping itu resitasi untuk mencukupi luasnya pelajaran yang diharuskan. Tujuan metode resitasi antara lain merangsang anak aktif belajar sendiri maupun kelompok, membagi waktu dengan teratur, bertanggung jawab, mencari cara belajar yang tepat (Roestiyah, 1998).

Baca juga:  Belajar Menentukan Ruang Sampel aengan Kubus Berangka

Langkah-langkah metode resitasi yaitu guru terlebih dahulu memberikan tugas pada siswa untuk menyelesaikan pekerjaan. Sebelum mengerjakan tugas siswa terlebih dahulu mempelajari tugas yang telah diberikan. Pada fase ini siswa diberikan bimbingan oleh guru serta dorongan sehingga anak mau bekerja dan mencatat hasil-hasil yang dia peroleh dengan baik dan sistematis.

Setelah itu siswa dituntut untuk mempertanggungjawabkan hasil belajarnya dengan cara melaporkan baik lisan maupun tertulis. Selanjutnya diadakan tanya jawab atau diskusi kelas. Kemudian disempurnakan oleh guru. Terakhir hasil pekerjaan siswa dengan tes maupun nontes. Dengan demikian peserta didik dapat belajar dengan asyik dan menyenangkan sehingga diharapkan dengan metode resitasi hasil belajar siswa akan meningkat.

Baca juga:  Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Kelebihan metode resitasi antara lain peserta didik belajar lebih aktif, merangsang peserta didik belajar lebih banyak baik dekat dengan guru maupun pada saat jauh dari guru di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Mengembangkan sifat kemandirian dan tanggung jawab pada peserta didik, lebih meyakinkan tentang apa yang dipelajari dari guru. Membina peserta didik untuk mencari dan mengolah sendiri informasi-informasi dan komunikasi. Pengetahuan yang diperoleh peserta didik belajar sendiri akan dapat diingat lebih lama. Merangsang kegairahan belajar peserta didik karena dapat dilakukan dengan bervariasi, serta dapat mengembangkan kreativitas peserta didik.

Suatu metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Guru harus pintar memilih metode pembelajaran yang tepat untuk situasi yang sedang dihadapi di dalam kelasnya selama proses pembelajaran. (pm2/lis)

Guru Kimia SMA Negeri 3 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya