alexametrics

Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Audio Visual

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Teks eksplanasi merupakan sebuah karangan yang berisi tentang penjelasan-penjelasan lengkap mengenai suatu topik yang berhubungan dengan berbagai fenomena. Baik fenomena alam, fenomena sosial yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari.

Teks ini bertujuan memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada pembaca agar paham atau mengerti tentang suatu fenomena yang terjadi. Pembaca dapat memperoleh pemahaman mengenai latar belakang terjadinya fenomena secara jelas dan logis.Teks eksplanasi menggunakan banyak fakta dan pernyataan-pernyataan yang memiliki hubungan sebab–akibat (kausalitas). Namun sebab-sebab ataupun akibat-akibat itu berupa sekumpulan fakta menurut penulisnya.

Teks eksplanasi memiliki struktur buku sebagaimana halnya jenis teks lainnya. Sesuai dengan karakteristik umum dari isinya,teks eksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian berikut yaitu identifikasi fenomena, penggambaran rangkaian kejadian dan ulasan (review).
Pembelajaran teks eksplanasi memiliki peranan penting yang dapat menunjang keberhasilan kegiatan pembelajaran. Pengguna media pembelajaran yang tepat akan berdampak pada hasil pembelajaran yang lebih baik. Hanalik (dalam Arsyad, 2011: 15:16) menerangkan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan belajar psikologis terhadap siswa.

Baca juga:  Belajar “Garis Singgung Lingkaran” lebih Menarik dengan Media Video

Pengguna media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran saat itu, selain membangkitkan motivasi dan minat siswa.

Saat ini terdapat berbagai program komputer yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif dan interaktif. Arsyad (2011:9) mengatakan media yang baik adalah media yang mampu melibatkan banyak alat media siswa. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yaitu audio visual. Hal itu penulis lakukan di SMA Negeri 1 Ulujami.

Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari. Mengantarkan peserta kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.

Baca juga:  Menulis Teks Eksplanasi Lebih Mudah dengan Media Gambar Seri

Menyampaikan garis besar cakupan materidan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.

Kemudian kerja sama membangun teks. Terdiri dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar atau mengasosiasi dan mengomunikasikan.

Mengamati dengan membaca kembali model teks eksplanasi untuk memahami struktur yang membangun teks eksplanasi dengan menggunakan media audio visual. Menanya tentang struktur yang membangun teks eksplanasi, ciri kebahasaan dalam teks eksplanasi.

Mengumpulkan informasi dengan bertanya jawab unsur yang membangun teks eksplanasi, berdiskusi tentang isi teks eksplanasi dan membandingkan struktur dua teks eksplanasi.
Menalar/mengasosiasi dengan menguraikan struktur yang membangun teks eksplanasi untuk mempertajam pemahaman. Mengidentifikasi perbedaan dua teks eksplanasi.

Baca juga:  Apersepsi Menggugah Siswa saat Pandemi

Mengomunikasikan yaitu dengan menyampaikan hasil diskusi tentang unsur yang membangun teks eksplanasi secara lisan. Menyampaikan perbedaan struktur dua teks eksplanasi serta menyampaikan ciri kebahasaan dalam teks eksplanasi. Terakhir guru bersama siswa membuat simpulan pembelajaran. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan secara konsisten dan terprogram. Aplikasi ini memungkinkan untuk membuat media pembelajaran interaktif yang melibatkan indera penglihatan dan pendengaran. (pm2/lis)

Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Ulujami

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya