alexametrics

Game Tournament Tingkatkan Antusiasme Siswa dalam Belajar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,PEMBELAJARAN yang dilaksanakan secara monoton melalui metode ceramah, membuat peserta didik kurang antusias dalam menghadapi pembelajaran. Akibatnya, peserta didik jarang bertanya tentang pelajaran yang belum dipahami, sehingga siswa hanya mendengarkan guru menyampaikan materi pembelajaran.

Materi dalam pembelajaran IPS sebagian memerlukan teknik hafalan untuk membantu pemahaman materi sehingga peserta didik terkadang merasa jenuh bahkan bosan ketika kegiatan belajar mengajar di kelas. Jika peserta didik sudah merasa jenuh dan bosan, maka materi yang guru sampaikan kepada peserta didik kurang tercapai tujuannya. Karena peserta didik merasa kurang tertarik dengan pembelajaran IPS.

Peningkatan mutu pendidikan dalam mewujudkan pendidikan nasional berkaitan erat dengan peningkatan mutu kegiatan pembelajaran. Salah satu kunci keberhasilan kegiatan pembelajaran di kelas ditentukan oleh keterampilan guru dalam menyampaikan bahan pelajaran. Di antaranya dengan menggunakan metode mengajar yang lebih bervariatif dan penyampaian materi secara menarik agar peserta didik memperoleh pengetahuan dan pemahaman secara optimal. Sehingga peserta didik dapat menemukan alasan-alasan rasional untuk bersikap lebih positif terhadap mata pelajaran, termasuk materi pelajaran IPS.

Baca juga:  Gali Materi Interaksi Makhluk Hidup melalui Discovery Learning

Metode mengajar yang guru gunakan dalam setiap kali pertemuan kelas bukanlah asal pakai, tetapi setelah melalui seleksi yang berkesesuaian dengan perumusan tujuan instruksional khusus. Agar proses belajar mengajar berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan pembelajaran, guru sebaiknya menentukan pendekatan dan metode yang akan digunakan sebelum melakukan proses belajar mengajar. Pemilihan metode mengajar yang tepat akan menumbuhkan minat peserta didik. Semakin banyak variasi metode mengajar yang diberikan kepada peserta didik akan menumbuhkan minat dan motivasi peserta didik untuk mau belajar.

Untuk mengatasi masalah tersebut dan untuk mengantisipasi rasa jenuh dan ketidaktertarikan peserta didik terhadap mata pelajaran IPS, maka penulis perlu mengembangkan pembelajaran cooperatif learning berupa Game Tournament yang memungkinkan memicu semangat dan ketertarikan terhadap mata pelajaran IPS. Semua itu berarah pada meningkatnya hasil belajar peserta didik.
Salah satu contoh metode Game Tournament yaitu dengan Metode Tebak Kata.

Baca juga:  Demonstrasi dan Eksperimen Tingkatkan Pemahaman Rangkaian Listrik Sederhana

Model pembelajaran tebak kata adalah model pembelajaran yang menggunakan media kartu teka-teki yang berpasangan dengan kartu jawaban teka-teki.

Dalam menerapkan metode permainan, ada beberapa hal yang harus disiapkan adalah kertas karton untuk membuat dua buah kartu, yang pertama kartu ukuran 10X10 cm dan di dalamnya berisi ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.

Kartu kedua, dibuat untuk kartu ukuran 5X2 sentimeter untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak kartu ini. Nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan di telinga.

Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain, asal jangan langsung memberikan jawabannya.

Baca juga:  Elastisitas dan Ceteris Paribus Konsep Dasar Menyikapi Kenaikan Harga

Pembelajaran dengan metode Game Tournament yang penulis terapkan di SMP Negeri 1 Gringsing kelas VII C ketika KBM, siswa kelihatan lebih antusias dalam belajar, lebih senang, lebih tertarik dan terlihat lebih bahagia. Hal ini akan lebih meningkat hasil belajar siswa. Dengan metode Game Tournament ini juga dapat mengembangkan sikap siswa dalam menghargai pendapat orang lain, memperluas wawasan, membina untuk terbiasa musyawarah untuk memperkuat dalam memecahkan suatu masalah. (pkn1/ida)

Guru IPS SMPN 1 Gringsing Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya