alexametrics

Tingkatkan Hasil Belajar Substansi Genetik melalui STAD dan Animasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,  Dalam proses belajar mengajar, guru bukan lagi menjadi sentral dalam pembelajaran. Melainkan siswa yang harus menjadi sentral dalam pembelajaran (student centered learning). Pembelajaran dikatakan efektif jika pembelajaran dapat memberikan pengalaman baru dan membentuk kompetensi siswa, serta mengantarkan mereka ke tujuan yang ingin dicapai secara optimal (Mulyasa, 2006).

Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan maka diperlukan metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi ajar. Materi ajar substansi genetika merupakan materi yang abstrak yang sulit dipahami siswa, sehingga diperlukan model yang bisa merangsang siswa untuk aktif dalam kelas serta bantuan animasi yang akan lebih memudahkan siswa dalam memahami materi ajar tersebut.

Pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkin (dalam Slavin, 1995) merupakan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan pembelajaran kooperatif yang cocok digunakan oleh guru yang baru mulai menggunakan pembelajaran kooperatif.
Pembelajaran kooperatif tipe STAD terdiri dari lima tahapan utama sebagai berikut: pertama presentasi kelas. Materi pelajaran dipresentasikan oleh guru dengan menggunakan metode pembelajaran. Pada tahapan ini guru menampilkan animasi dalam presentasinya.

Baca juga:  Pembelajaran Pencemaran Lingkungan lewat Praktik Membuat Pupuk Cair dari Gedebog Pisang

Tahap kedua kerja kelompok. Kelompok terdiri dari 4-5 orang. Dalam kegiatan kelompok ini, para siswa bersama-sama mendiskusikan masalah yang dihadapi, membandingkan jawaban, atau memperbaiki miskonsepsi. Kelompok diharapkan bekerja sama dengan sebaik-baiknya dan saling membantu dalam memahami materi pelajaran.

Tahap ketiga tes. Setelah kegiatan presentasi guru dan kegiatan kelompok, siswa diberikan tes secara individual. Keempat, peningkatan skor individu. Setiap anggota kelompok diharapkan mencapai skor tes yang tinggi karena skor ini akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan skor rata-rata kelompok. Kelima, penghargaan kelompok. Kelompok yang mencapai rata-rata skor tertinggi, diberikan penghargaan.

Model pembelajaran STAD yang dipadukan dengan media animasi bisa menjadi alternatif model pembelajaran untuk materi ajar yang bersifat abstrak seperti substansi genetik maupun materi ajar abstrak lainnya. Animasi yang bisa digunakan pada materi substansi genetik antara lain proses replikasi DNA, transkripsi (pembentukan RNAm), dan proses sintesis protein. Tanpa bantuan animasi, materi-materi tersebut akan sangat sulit dipahami siswa. Model pembelajaran STAD yang dipadukan dengan animasi merupakan model yang tepat untuk pembelajaran pada materi substansi genetik dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 1 kota Semarang (Hartini, 2017).

Baca juga:  Pancasila Tanamkan Kepribadian Siswa dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada era abad 21, guru sangat mudah untuk mendapatkan file-file materi dari internet sesuai yang dibutuhkan. Siswa juga bisa dilibatkan untuk mencari sendiri beberapa animasi yang bagus sesuai dengan pokok bahasan materi, sehingga guru tinggal membimbing siswa dan memberikan solusi jika siswa mengalami kesulitan. Dengan pemilihan metode yang tepat dan menarik bagi siswa, seperti halnya pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadukan dengan animasi, dapat memaksimalkan proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Guru yang profesional akan senantiasa meng-upgrade diri meningkatkan profesionalismenya. Memperbaiki proses pembelajaran serta mencari model dan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didiknya. Semangat para guru biologi, semangat untuk mengembangkan model dan media pembelajaran di kelas, agar bisa mencetak generasi biologi yang hebat dan handal. Semangat menjadi guru profesional, kreatif dan inovatif. (man2/lis)

Baca juga:  KKG MI Menuju Guru yang Berkualitas Tinggi

Guru Biologi MAN 1 Kota Semarang

\

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya