alexametrics

Mengapa Harus Cemas dengan Masa Depan?

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,  Saat ini siswa kelas 12 baik MA, SMA maupun SMK sedang mengalami fase yang sangat krusial pada rentang kehidupannya. Mereka pada kondisi harus menentukan kelanjutan dari fase kehidupan, apakah harus kuliah, bekerja. Sebagian besar dari siswa kelas 12 tersebut masih bingung untuk menentukan karir mereka selanjutnya. Salah satu persoalan yang dihadapi oleh siswa kelas 12 terkait dengan karir adalah menentukan studi lanjut.

Persaingan yang begitu ketat untuk menembus perguruan tinggi negeri menjadikan kecemasan yang dapat mengganggu kondisi psikis. Bahkan ada siswa yang menangis karena bingung dengan masa depan mereka. Jika kecemasan pada diri siswa dalam menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian tidak teratasi dengan baik maka akan dapat mengganggu konsentrasi mereka dalam persiapan menghadapi ujian nasional, UTBK dan ujian-ujian yang lainnya.

Baca juga:  Eksistensi Kesenian di Tengah Pandemi Covid

Kecemasan adalah sesuatu yang menimpa hampir setiap orang pada waktu tertentu dalam kehidupannya. Kecemasan merupakan reaksi normal terhadap situasi yang sangat menekan kehidupan seseorang. Kecemasan bisa muncul sendiri atau bergabung dengan gejala-gejala lain dari berbagai gangguan emosi (Savitri Ramaiah, 2003:10). Menurut Kaplan, Sadock, dan Grebb (Fitri Fauziah & Julianti Widuri, 2007:73) kecemasan adalah respon terhadap situasi tertentu yang mengancam, dan merupakan hal yang normal terjadi menyertai perkembangan, perubahan, pengalaman baru atau yang belum pernah dilakukan, serta dalam menemukan identitas diri dan arti hidup.

Kecemasan adalah reaksi yang dapat dialami siapapun. Namun cemas yang berlebihan, apalagi yang sudah menjadi gangguan akan menghambat fungsi seseorang dalam kehidupannya. Kecemasan merupakan suatu perasaan subjektif mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan sebagai reaksi umum dari ketidakmampuan mengatasi suatu masalah atau tidak adanya rasa aman. Perasaan yang tidak menentu tersebut pada umumnya tidak menyenangkan yang nantinya akan menimbulkan atau disertai perubahan fisiologis dan psikologis (Kholil Lur Rochman, 2010:104).

Baca juga:  Serunya Pendidikan Kespro Remaja melalui Modul Setara

Banyak orang menghabiskan begitu banyak waktu memikirkan masa lalu dan berpikir tentang masa depan. Mereka lupa bahwa mereka hidup di masa sekarang. Jika hal tersebut sering dilakukan maka akan menimbulkan kecemasan-kecemasan dalam kehidupannya.

Untuk mengatasi permasalahan kecemasan yang banyak dialami siswa kelas 12 pada saat ini maka diperlukan langkah-langkah praktis sebagai berikut : Mengidentifikasi dan menantang pikiran-pikiran yang merugikan berdasarkan kepercayaan-kepercayaan tentang kecemasan diatas;

Belajar untuk hidup dalam ketidakpastian. Ini adalah cara yang dapat membantu siswa untuk melangkah maju ke depan. Begitu banyak kejadian-kejadian yang tidak pasti dalam kehidupan manusia sehingga diperlukan kesiapan mental untuk dapat menerima apapun yang terjadi dalam kehidupan.

Baca juga:  Serunya Pendidikan Kespro Remaja melalui Modul Setara

Mengatasi perilaku menghindar dan belajar menghadapi ketakutan yang ditampilkan oleh kekhawatiran. Belajar untuk menggunakan strategi-strategi dalam penyelesaian masalah. Seperti “pengalihan” ketika kecemasan mulai mengaliri pikiran anda.

Senantiasa berdoa kepada Allah SWT dan menyerahkan segala urusan kita kepada-Nya dengan tidak meninggalkan ikhtiar-ikhtiar yang menjadi kewajiban kita.

Dengan menggunakan langkah-langkah tesebut disaat seseorang mengalami kecemasan, maka akan dapat mereduksi terhadap kecemasan siswa-siswa tesebut sehingga dapat menghadapi situasi yang tidak ada kepastian ini dengan tetap semangat dan optimistis menatap masa depan. (man2/lis)

Guru BK MAN 1 Kota Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya