alexametrics

Menulis Puisi dengan Metode Picture And Picture

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,  MENULIS puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang menjadi bagian dalam standar kompetensi kemampuan menulis kelas IV SDN 01 Rembul. Siswa diharapkan mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, dan perasaan dalam bentuk karya sastra yaitu dalam menulis puisi bebas. Dalam menulis perlu memilih bahasa yang bisa mewakili perasaan, pikiran, dan keinginan. Tetapi dalam pengajaran bahasa Indonesia, materi yang dirasa sulit oleh para siswa justru menulis terutama menulis puisi. Sampai saat ini pengajaran menulis puisi belum mendapatkan perhatian secara optimal.

Usaha untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi diperlukan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh guru agar proses dan hasil belajar siswa dalam menulis puisi dapat ditingkatkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, sebagai guru pengajar di kelas IV SDN 01 Rembul berusaha memperbaiki pembelajaran menulis puisi dengan metode picture and picture dengan media gambar. Yakni, metode pembelajaran yang mengajak siswa mengamati sekumpulan gambar, misalnya, gambar taman, tempat bunga, kupu-kupu, lingkungan alam dan lain-lain.

Baca juga:  Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dengan Model Make a Macth

Jadi metode picture and picture adalah metode yang dilakukan dengan mengamati suatu gambar secara langsung. Teknik pengamatan dilaksanakan di dalam kelas. Pada dasarnya siswa senang dengan sebuah media yang menarik dilihat oleh siswa. Oleh karena itu, siawa akan lebih peka atau lebih termotivasi untuk mengekspresikan sesuatu yang dilihatnya.

Metode picture and picture juga sangat bermanfaat dalam pembelajaran puisi. Hakikat menulis puisi merupakan hasil rekaman dari peristiwa atau gambaran objek menarik yang dituangkan melalui pemikirannya ke dalam bahasa tulis. Metode picture and picture di sini dapat membuat siswa terangsang dalam berekspresi yang dituangkan dalam puisi, dengan cara siswa mengamati suatu gambar yang menarik.

Baca juga:  Belajar Statistika dengan Tugas Proyek

Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam penulisan suatu puisi yaitu, 1) langkah persiapan, 2) langkah pelaksanaan, dan 3) tindak lanjut. Prosedur yang harus ditempuh pada langkah persiapan yaitu, a) guru menentukan tujuan yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa, b) menentukan gambar yang akan diamati, diusahakan gambar yang diamati adalah gambar yang menarik dan dapat menggugah minat siswa untuk menulis, c) menentukan cara belajar siswa dalam mengamati gambar, tujuannya agar siswa dapat bekerja dengan baik sesuai petunjuk dari guru dan dapat mengerjakan sesuai dengan yang diharapkan.

Pada langkah pelaksanaan, siswa mengamati gambar yang telah dipilih kemudian mengungkapkan apa yang dilihat dan diamati dalam puisi yang ditulisnya. Sedangkan pada tahap tindak lanjut, guru melihat hasil puisi yang telah ditulis oleh siswa. Agar seluruh siswa mengetahui kesalahan dalam penulisan puisi, guru menyuruh salah satu siswa untuk membacakan salah satu hasil puisi karya siswa. Kemudian siswa yang lain menilai atau mengoreksi pekerjaan temannya, dengan harapan agar kesalahan tersebut tidak terulang. (pm1/ida)

Baca juga:  Pentingnya Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi

Guru SD Negeri 01 Rembul Kecamatan Randudongkal Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya