alexametrics

Games Belajar Bahasa Inggris di Kelas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SETIAP siswa yang kita temui dalam kelas adalah pribadi yang unik. Mereka mempunyai karakter dan minat yang berbeda. Perlu menjadi guru yang asik untuk bisa mensikapi keunikannya. Asyik dalam beradaptasi, bagaimana bisa menyesuaikan diri, kapan bisa jadi teman dekat dan kapan harus bersikap sebagai guru yang penuh wibawa serta hebat dalam mengajar. Cara yang bisa kita lakukan dengan menyuguhkan segala hal yang menarik dikelas, salah satunya dengan games.
Games mengajak kita dalam konsep “learning while having fun”, belajar sambil bersenang-senang. Kenapa games perlu? Karena kita paham benar siswa belajar dengan baik ketika mereka bersenang-senang dan terlibat aktif dalam pembelajaran. Dengan games, kita berusaha menghadirkan keceriaan, keseruan dan kegembiraan dalam proses belajarnya dikelas.

Baca juga:  Bridging Course Persiapkan Siswa Ikuti Pelajaran Bahasa Inggris Lanjutan

Salah satu games yang bisa menggemeskan belajar Bahasa Inggris dikelas yaitu Cerdas Cermat. Tehnik pelaksanaan games yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bonang sebagai berikut : membagi kelas menjadi empat kelompok. Minta masing-masing kelompok untuk menentukan bel kelompok, bisa dengan menyuarakan suara, tanpa harus repot mencari bel yang sesungguhnya. Suara siswa pada masing-masing kelompoknya bisa jadi bel yang luar biasa, membahana, dan garansi nggak bisa rusak tentunya. Belnya bisa berupa suara binatang; meong meong, embek embek, atau suara yang lain, mak klontang, tut tut tut, owek owek , yang lucu lucu dah.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan berkelompok tak anyal menimbulkan siswa yang cuek dan sering ‘menggantungkan’ nasibnya pada anak yang lebih rajin. Untuk menghindari hal tersebut, kita harus meminta masing-masing anak menjawab satu persatu, dengan bergeser posisi, siswa yang sudah menjawab bisa berpindah ke belakang baris, dilanjutkan siswa yang berada dibelakangnya menuju ke barisan paling depan. Dan siswa yang ada dibarisan paling depan adalah siswa yang menjawab pertanyaan dari guru.

Baca juga:  Mari Bereksperimen dalam Mengenal Hujan di TK

Kelompok yang berkesempatan untuk bisa menjawab adalah kelompok terkompak dengan tuntas 3 kriteria ; kelompok yang paling cepat berdiri bersama dengan teman-teman satu kelompoknya setelah pertanyaan selesei dibacakan guru, membunyikan bel dan tangan di angkat ke atas. Kalau ada salah satu yang belum dilaksanakan, tidak perlu dipilih, berikan kesempatan menjawab pada kelompok yang lebih kompak untuk melakukan ketiga action tersebut.

Hal yang perlu kita perhatikan dalam pelaksanaan games ini dengan memberi pertanyaan dengan jelas dan tegas. Jangan lupa tulislah hasil perolehan nilai di papan tulis kelas , score board. Kelompok yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan poin 10, semakin cepat dan tepat, maka perolehan nilai semakin banyak. Kelompok dengan perolehan poin tertinggi adalah pemenangnya.

Baca juga:  Lebih Mudah Mengenal Sudut-Sudut dengan Jadut

Jangan lupa feedback dan evaluation. Sebuah tindakan tanpa feedback akan jadi sia-sia, tidak ada kesimpulan dan ‘penggaris bawahan’, tidak ada penekanan, tidak ada evaluasi untuk mengoreksi sehingga nanti bisa menjadi lebih baik. Luangkan sedikit waktu untuk tindak lanjut dari setiap proses yang kita dapatkan bersama para siswa kita. (pm2/bas)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Bonang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya