alexametrics

Manfaatkan Barang Bekas untuk Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PELAJARAN Matematika ditakuti yang sebagian besar siswa, khususnya sebagian besar siswa-siswa SMP Negeri 3 Doro Kabupaten Pekalongan. Oleh karena itu perlu perhatian khusus bagi para pendidiknya. Media pembelajaran sangat mendukung hasil akhir dari pembelajaran. Dengan media pembelajaran, guru akan terbantu pada proses pembelajaran. Siswa juga lebih aktif karena ikut terlibat langsung pada saat pembelajaran, tidak hanya guru yang lebih berperan.

Media pembelajaran tidak harus yang mahal, tapi bisa memanfaatkan barang di sekitarnya. Pada pembelajaran matematika kelas VIII semester II terdapat materi “Bangun Ruang Sisi Datar”. Penulis berupaya memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar, misalnya kardus bekas pasta gigi, kardus coklat dan sebagainya yang berbentuk bangun ruang sisi datar.

Baca juga:  Pemanfaatan Gawai untuk Mendukung Anak Belajar di Rumah

Seminggu sebelum pembelajaran materi “Bangun Ruang Sisi Datar”, kelas dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok beranggotakan 4-5 siswa. Setiap kelompok diberi tugas untuk mencari kardus bekas yang berbentuk Balok, Kubus, Prisma dan Limas. Setiap kelompok juga diberi tugas untuk membawa gunting minimal 2 buah tiap kelompok. Alat dan bahan dikumpulkan maksimal 2 hari sebelum pembelajaran sehingga guru bisa mengecek bangun ruang yang sudah terkumpul dan kelompok yang belum mengumpulkan tugas agar waktu pelaksanaan tidak ada kelompok yang tidak bekerja karena tidak membawa media. Guru membuat check list agar memudahkan pengecekan.

Setelah tiba waktu pembelajaran, setiap kelompok dibagikan lagi Lembar Kerja (LK), alat dan bahan serta dijelaskan prosedur kerjanya. Contoh bangun ruang yang berasal dari bahan bekas tersebut bisa digunakan untuk beberapa pertemuan pembelajaran dari mulai mengetahui jaring-jaring, menemukan rumus dan menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar.

Baca juga:  Langkah Mudah Belajar Fisika dengan Kartu Misteri

Dengan media yang sederhana, siswa bisa langsung praktik dan mempelajari materi bangun ruang sisi datar. Guru hanya sebagai fasilitator, karena pada pembelajaran kurikulum 2013, siswa yang aktif dalam pembelajaran. Media yang diperoleh dari siswa sendiri dan dipakai oleh siswa sendiri akan membuat pembelajaran lebih bermakna. Hal tersebut juga membantu guru dalam mempersiapkan pembelajaran di kelas.

Mudah-mudahan dengan pembelajaran yang lebih efektif, akan mendapatkan hasil yang maksimal. Siswa lebih memahami pembelajaran dan meningkatkan nilai siswa. Siswa juga lebih bisa menerapkan materi dalm kehidupan sehari-hari. (mat2/ida)

 

Guru Matematika SMPN 3 Doro Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya