alexametrics

Belajar Membaca dan Menulis dengan Bermain Finger Painting

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang terdapat di jalur-jalur pendidikan sekolah (PP No.27 Tahun 1990). Tugas utama TK mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap/perilaku, keterampilan dan intelektual agar dapat melakukan adaptasi dengan kegiatan belajar di Sekolah Dasar (SD).

Alur pemikiran tersebut tidak selalu sejalan dan terlaksana dalam praktik kependidikan TK dan SD di Indonesia. Pergeseran tanggung jawab pengembangan kemampuan sekolastik (akademik) dari SD ke TK terjadi di mana-mana. Banyak SD (umumnya swasta dan sebagian negeri) mengajukan persyaratan atau tes masuk dengan menggunakan konsep akademik. Terutama tes membaca dan menulis.

Mengajarkan membaca dan menulis di TK dapat dilaksanakan selama dalam batas-batas aturan pengembangan prasekolah atau praakademik. Mendasarkan diri pada prinsip dasar hakiki dari pendidikan TK sebagai sebuah taman bermain, sosialisasi dan pengembangan berbagai kemampuan.

Baca juga:  Literasi Digital, Mengikis Budaya Malu Bertanya di Kelas

Seperti pengembangan kecerdasan emosi, motorik, disiplin/tanggung jawab, konsep diri dan akhlak. Dalam rangka memenuhi kebutuhan dan  masa peka anak pada aspek membaca dan menulis dapat disusun dan dikembangkan berbagai bentuk permainan.

Pengembangan membaca dan menulis melalui berbagai bentuk permainan di TK bertujuan mendeteksi/melacak kemampuan awal membaca dan menulis awal, mengembangkan kemampuan menyimak, menyimpulkan dan mengomunikasikan berbagai hal melalui berbagai bentuk gambar dan permainan. Melatih kelenturan motorik halus agar melalui berbagai bentuk permainan oleh tangan dalam rangka mempersiapkan anak mampu membaca dan menulis.

Dalam pengembangan membaca dan menulis di TK terdapat beberapa pendekatan yang dilakukan melalui berbagai bentuk permainan. Misalnya Montesson memperkenalkan permainan membaca dimulai dari unsur huruf menggunakan bantuan gambar pada setiap memperkenalkan huruf. Decroly memperkenalkan membaca permainan pada anak dimulai dengan memperkenalkan kalimat dalam permainannya dan pilih kalimat perintah agar anak melakukan hal-hal yang ada dalam perintah. Pendekatan whole linguistik dalam mengembangkan membaca permulaan dengan menggunakan seluruh kemampuan linguistik anak, yang menjadi sumber utama adalah lingkungan dan pengalaman anak.

Baca juga:  Belajar Asyik dengan Aplikasi Ice Cream Screen Recorder

Dalam pengembangan menulis Montessori memiliki perhatian dan konsep yang lebih banyak, agar anak dapat menunjukkan kelenturan tangan maka dapat dilatih mengisi lukisan dengan garis (mengarsir) dan menebalkan.

Dunia anak itu bermain. Dengan bermain anak-anak akan senang, ceria, dan bahagia. Orang tua menuntut guru mengajarkan membaca dan menulis padahal tugas TK adalah mengenalkan berbagai pengetahuan, sikap, keterampilan sebagai persiapan ke SD.

Untuk memenuhi kebutuhan itu dan masa peka pada aspek membaca dan menulis yang dapat dikembangkan melalui bentuk permainan. Finger painting adalah menggambar menggunakan jari tangan. Finger painting melatih motorik halus dan daya kreativitas anak. Finger painting hanya menggunakan jari tangan sebagai alat. Bahan yang digunakan lem fox yang dicampur dengan pewarna makanan. Bahan lainnya selembar kertas putih yang berbahan tebal dan tidak mudah robek seperti kertas kalender, karton putih, kertas duplek.

Baca juga:  Memilih Aplikasi Pertemuan Online

Dengan bermain finger painting anak menggunakan jari tangannya untuk mencorat-coret, menggambar huruf, atau membuat tulisan yang diinginkan pada sebuah kertas. Dengan membuat coretan atau menggambar huruf tersebut maka anak lebih mudah mengingat dan membacanya.

Pembelajaran dengan bermain finger painting, kemampuan membaca dan menulis siswa lebih meningkat dibandingkan sebelumnya. Dengan bermain finger painting tanpa disadari siswa sambil belajar membaca dan menulis. (by2/lis)

 

Guru TK Al Khoiriyah, Tosari, Kecamatan Brangsong, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya