alexametrics

Cara Asyik Menghafal SPU dengan Proyek Video Jembatan Keledai

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sistem Periodik Unsur (SPU) merupakan daftar unsure-unsur yang disusun berdasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifatnya. SPU yang saat ini diberlakukan berupa tabel periodik bentuk panjang yang mula-mula dikenalkan oleh Julius Thomson pada 1895 (Susilowati, 2006:40). SPU modern memuat 118 unsur kimia yang telah ditemukan hingga saat ini.

Menurut Karjono (2018) sistem periodik merupakan materi dasar dalam pembelajaran kimia sekaligus materi prasyarat untuk mempelajari materi-materi kimia selanjutnya. Maka, menghafal nama unsur kimia dalam SPU merupakan keterampilan dasar yang wajib dikuasai siswa.

Namun, sebagian besar siswa di SMA Negeri 1 Dukun belum hafal. Bahkan, masih banyak siswa kelas XII yang tidak hafal nama unsur kimia yang umum dan sederhana sekalipun. Akibatnya, nilai UNBK untuk mata pilihan kimia di SMA Negeri 1 Dukun rendah. Berdasarkan data rekapitulasi nilai UNBK SMA N 1 Dukun 2018/2019 yang bersumber dari arsip kurikulum, nilai rata-rata UNBK mata pilihan kimia adalah 54,36 dengan predikat D sehingga diperlukan upaya perbaikan.

Baca juga:  Belajar Akuntansi Lebih Mudah dan Menyenangkan dengan Jembatan Keledai

Salah satu tugas yang kekinian dan efektif untuk membuat siswa hafal nama unsur adalah proyek pembuatan video jembatan keledai yang dapat diunggah di laman Youtube. Tugas ini dapat diberikan untuk memenuhi nilai keterampilan KD 4.3 kimia kelas X, yakni konfigurasi elektron dan letak unsur dalam SPU.

Berdasarkan Permendikbud No.103 Tahun 2014, pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran utama dalam Kurikulum 2013 disamping pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran melalui penyingkapan/penemuan. Pembelajaran berbasis proyek diharapkan dapat membentuk perilaku saintifik, perilaku sosial, serta mengembangkan rasa keingintahuan. Berdasarkan hasil penelitian Listiyarini (2015), pembelajaran berbasisi proyek dapat mengubah materi yang semula sulit menjadi lebih konkret dan menyenangkan.

Baca juga:  Metode Mind Mapping Meningkatkan Ketrampilan Writing Teks Descriptive

Pemberian tugas proyek pembuatan video jembatan keledai untuk menghafal SPU diawali dengan pemberian materi prasyarat oleh guru. Materi prasyarat yang dimaksud yakni sejarah perkembangan SPU yang termuat dalam KD 3.3.

Dalam pemberian tugas, kelas dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa secara heterogen. Setiap kelompok diwajibkan untuk memilih satu orang yang dianggap layak sebagai penanggung jawab. Penanggung jawab kelompok nantinya akan dibuatkan grup WA oleh guru. Lewat grup WA tersebut, penangung jawab wajib melaporkan perkembangan tugas proyek yang telah dikerjakan oleh kelompoknya.

Dalam proses produksi video, guru membebaskan siswa berkreasi dalam menentukan tema, format, bahkan jembatan keledai yang akan digunakan siswa untuk menghafal SPU. Siswa dapat menampilkan jembatan keledai dalam bentuk narasi, lagu, puisi, role playing, sesuai kreativitas mereka. Guru hanya memberikan rambu-rambu agar videonya menggunakan bahasa yang sopan, tidak mengandung unsur SARA.

Baca juga:  Menanamkan Pendidikan Agama Islam kepada Anak di Masa Pandemi

Video hasil kreasi siswa, kemudian dapat diunggah di laman Youtube. Penilaian video dilakukan dengan mempertimbangkan aspek ketepatan, kreativitas, keatraktifan serta jumlah viewers dan like dari video tersebut.

Pemberian tugas ini, selain dapat membuat siswa hafal nama dan simbol unsur, juga dapat membentuk karakter siswa untuk memiliki keterampilan abad ke-21. Yakni kolaborasi, komunikasi dengan penuh percaya diri, kreatif, inovatif, berjiwa leadership dengan menjadi penanggung jawab kelompok. (mtl1/lis)

Guru Kimia SMA Negeri 1 Dukun, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya