alexametrics

Belajar Direction dengan Map Of Town

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,  DIRECTION (arah) adalah materi pelajaran kelas VII semester dua. Kurikulum K-13, sebagian besar peserta didik merasakan kesulitan memahami materi ini jika tidak praktik berbicara langsung. Berbicara dalam bahasa Inggris membutuhkan keberanian. Untuk memunculkan keberanian dan keterampilan dalam berbicara memerlukan banyak latihan. Seperti kata pepatah practice makes perfect. Yang artinya latihan membuat kita sempurna. Dengan kata lain, semakin banyak latihan semakin terampil berbicara bahasa Inggris.

Untuk berlatih berbahasa Inggris, memerlukan alat atau media yang medukung dan membantu siswa semakin banyak berlatih. Untuk itu penulis menawarkan media Map of Town. Adalah sebuah peta kota yang penulis buat sendiri disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Map of Town bisa dibuat dengan menggunakan kertas karton dengan diberi gambar tempat–tempat umum misalnya city park, mosque, post office dan lain lain.

Baca juga:  Senangnya Belajar Matematika dengan Inside Outside Circle

Berlatih berbicara materi Direction dengan menggunakan media Map of Town sangatlah mudah. Yang perlu disiapkan sebelum mengajarkan materi direction pada peserta didik adalah memperbanyak vocabulary peserta didik terutama tentang public places. Misalnya, post office, bank, mosque, jail, shop, dll. Selain itu, ada baiknya peserta didik dipahamkan terlebih dahulu tentang materi preposition of place. Peserta didik diharapkan telah mengetahui penggunaan preposition of place seperti in, on, across from, beside, next to, near, along, between, in the middle of, away from, dll.

Ketika kedua materi itu telah dipahami oleh peserta didik, sekarang waktunya berlatih berbicara materi Direction dengan menggunakan media Map of Town dengan bentuk permainan/games dan role play pada peserta didik. Untuk memulainya, guru dapat membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok. Dalam satu kali permainan, dibutuhkan dua kelompok yang terdiri atas 4 orang tiap kelompok. Kelompok pertama sebagai penanya dan kelompok kedua harus menjawab serta mempraktikkan dari jawaban salah satu teman sekelompoknya. Permainan menjadi sangat ramai dan menyenangkan bagi peserta didik.

Baca juga:  PAI dan BP Mempengaruhi Kesadaran siswa mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal

Dalam menjalankan media Map of Town ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan guru. Pertama, menjaga agar kondisi kelas tetap terkontrol, artinya peserta didik tidak ramai di luar topik. Selain itu pada saat permainan, guru harus tetap memperhatikan tentang pronunciation dan structure. Apabila peserta didik salah dalam pronunciation dan structure, guru wajib mengingatkan. Menyemangati peserta didik dengan memberi reward. Reward ini tidak harus berupa barang, akan tetapi ucapan Good, Excellent, Great, Good job, Smart dll sudah bisa membuat anak senang dan merasa usahanya dihargai. Sebaliknya apabila anak melakukan kesalahan jangan langsung disalahkan dengan kata-kata yang mengejek sehingga anak merasa tersakiti. Cukup dengan langsung membenarkan jawaban yang salah.

Baca juga:  Signifikansi TIK dalam Pembelajaran STEAM

Media Map of Town ini juga bisa digunakan sebagai alat penilaian. Dari peta kota yang terdapat dalam media Map of Town, dapat dibuat beberapa pertanyaan. Misalnya, i am in bank. Excuse me, can you help me how to go to the post office? Dari pertanyan itu, peserta didik diminta menuliskan jawaban yang bisa diliat dengan membaca peta kota dalam Map of Town. (pm1/ida)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya