alexametrics

Permainan Engklek Meningkatkan Skill Bermain Lompat Jauh

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN jasmani atau yang lebih dikenal dengan Penjas merupakan salah satu mata pelajaran formal yang telah diberikan mulai dari sekolah. Peranan Pendidikan Jasmani sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, bermain dan olahraga yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina, sekaligus membentuk gaya hidup sehat dan aktif dalam kehidupan sehari-hari.

Materi pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah bermacam-macam, salah satunya lompat jauh. Lompat jauh merupakan salah satu dari olahraga atletik yang sangat dominan menggunakan otot tungkai. Untuk itu, dalam upaya meningkatkan hasil lompat jauh, yang perlu dilatih adalah otot tungkai.

Permainan engklek adalah suatu permainan tradisional lompat-lompatan pada bidang datar yang digambar di atas tanah dengan membuat gambar kotak-kotak. Pemainnya melompat dengan satu kaki dari kotak satu ke kotak berikutnya. Permainan ini biasanya dilakukan perorangan dan berkelompok. Biasa dimainkan oleh anak-anak perempuan namun tak jarang juga anak laki-laki pun turut serta bermain.

Baca juga:  Dilema Pendidikan di Saat Covid-19

Permainan engklek merupakan permainan tradisional yang sudah sangat popular di seluruh penjuru Indonesia. Bisa dikatakan hampir seluruh siswa SD sudah mengenal permainan ini. Manfaat yang diperoleh dalam permainan engklek, antara lain: dapat meningkatkan kondisi fisik khususnya pada otot tungkai, bersosialisasi dengan orang lain, mentaati peraturan yang disepakati bersama, mengembangkan kecerdasan logika, berhitung dan menentukan langkah-langkah yang harus dilewatinya serta anak akan cenderung lebih kreatif karena bisa juga dibuat sendiri oleh pemainnya menggunakan benda atau barang di sekitar mereka.

Permainan tradisional engklek sangat digemari anak-anak, khususnya siswa SDN Kedungsegog 01 Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang. Permainan ini dilakukan dengan gembira sehingga mempunyai daya tarik bagi para penonton untuk mengikutinya, karena permainan ini sangat sederhana dan dapat juga dimainkan di sela-sela waktu istirahat.

Baca juga:  Meningkatkan Prestasi Siswa PAKatBP melalui Metode MoLe-ViLe

Latihan dalam bentuk permainan seperti ini berpengaruh sekali dalam peningkatan kekuatan otot tungkai, tidak terasa dalam kegembiraan bermain ternyata di balik itu ada peningkatan yang besar pada otot tungkai. Karena anak-anak melompat, berjingkat dengan satu kaki melewati garis yang dibentuk dalam pola yang bermacam-macam. Makanya penulis sengaja memfasilitasi garis susunan kotak untuk permainan engklek di halaman sekolahan dengan berbagai macam jenis, agar anak-anak tidak jenuh.

Para siswa berjingkat-jingkat dan melompat-lompat mengikuti aturan-aturan yang mereka sepakati bersama. Secara tidak langsung otot-otot tungkai mereka menjadi terlatih dengan menahan beban tubuh, otot tungkai menjadi kuat, sehingga lompatan juga otomatis meningkat. Dibuktikan dengan keterangan – keterangan di atas bahwa permainan tradisional engklek sangat baik untuk melatih kekuatan otot tungkai anak, sehingga sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil lompatan pada olahraga atletik nomor lompat jauh.

Baca juga:  Penggunaan Aplikasi HP dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19

Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat, sesuai dengan indikator pencapaian pada kompetensi dasar itu, bahkan bisa melebihi dari target yang diharapkan. (mat3/aro)

Guru PJOK SD Negeri Kedungsegog 01 Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya