alexametrics

Klasifikasi Makhluk Hidup Gunakan LKS Berbasis CTL

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, GURU dan siswa merupakan dua faktor penting dalam setiap penyelenggaraan proses pembelajaran di kelas. Guru merupakan salah satu unsur dalam pembelajaran yang membutuhkan keterlibatan siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu guru perlu merancang model pembelajaran yang efektif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.

Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka (Sanjaya, 2006).

Ada tujuh prinsip pembelajaran kontekstual yang harus dikembangkan oleh guru, yaitu kontruktivisme, kontruktivisme merupakan landasan berpikir (filosofi). Menemukan (inquiry), menemukan, merupakan kegiatan inti dari CTL, melalui upaya menemukan akan memberikan penegasan bahwa pengetahuan dan keterampilan serta kemampuan-kemanpuan lain yang diperlukan bukan hasil dari mengingat seperangkat fakta-fakta, tetapi merupakan hasil menemukan sendiri. Bertanya (questioning), bertanya merupakan strategi utama dalam CTL.

Baca juga:  Nyanyian Permudah Siswa Pahami Tokoh Pendiri ASEAN

Masyarakat belajar (learning community), maksud dari masyarakat belajar adalah membiasakan siswa untuk melakukan kerja sama. Pemodelan (modelling), pada saat ini guru bukan satu-satunya sumber belajar bagi siswa, karena dengan segala kelebihan dan keterbatasan yang dimiliki oleh guru akan mengalami hambatan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan siswa yang cukup heterogen. Refleksi (reflektion), refleksi adalah cara berpikir tentang apa yang baru terjadi atau baru saja dipelajari. Penilaian sebenarnya (authentic assessment), tahap terakhir dari pembelajaran kontekstual adalah melakukan penilaian.

Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah media cetak yang terdiri satu atau dua lembar atau lebih yang diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk melakukan aktivitas belajar mengajar (Nurseha, 2007). LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan LKS yang berisi informasi dan soal-soal yang sesuai dengan kehidupan sehari- hari siswa serta memuat tujuh komponen CTL dan sangat baik dipakai untuk menggalakkan keterlibatan siswa dalam belajar. Dengan LKS berbasis CTL siswa mampu menggunakan kemampuan berfikir kritis, terlibat penuh dalam mengupayakan proses pembelajaran yang efektif, pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa mudah untuk mempelajarinya.

Baca juga:  Efektivitas Variasi Dua Model Pembelajaran di Masa Pandemi

Penerapan pembelajaran IPA terpadu di SMPN 2 Bojong kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan LKS berbasis CTL ini dapat mengoptimalkan aktivitas belajar siswa. Penilaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran ini tidak hanya diukur dari hasil nilai tes akhir (pen and paper test) yang merupakan nilai tes, tetapi juga dari nilai assessment otentik yang merupakan nilai non tes yang berupa nilai tugas yang diperoleh dari LKS. Nilai tes evaluasi akhir diperoleh secara individu. Sedangkan nilai tugas diperoleh secara kelompok saat diskusi.

Aktivitas yang paling menonjol adalah aktivitas melakukan diskusi dalam kelompok, yaitu mencatat informasi yang dianggap penting, bertanya dan mengemukakan pendapat. Penerapan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan LKS berbasis CTL ini membuat pembelajaran lebih hidup dan tidak tegang. Hal ini menyebabkan siswa menjadi lebih aktif untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti diskusi, bertanya, mengerjakan LKS dan menyimpulkan. Namun demikian, berdasarkan pengamatan dan rekapitulasi juga diperoleh data bahwa terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, tetapi mencapai ketuntasan hasil belajarnya. Hal ini kemungkinan disebabkan karena faktor internal.

Baca juga:  Pembelajaran Daring Menjadi Angin Segar untuk Muatan Lokal Bahasa Daerah

Penerapan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan LKS berbasis CTL efektif dalam pembelajaran materi Klasifikasi makhluk hidup. Selain mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan LKS berbasis CTL dapat meningkatkan kerjasama dan transfer pengetahuan diantara siswa dalam satu kelompok. (*/zal)

Guru IPA SMPN 2 Bojong Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya