alexametrics

Tabel dapat Menyelesaikan Permasalahan Perbandingan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Guru sudah siap menghadapi semester yang baru? Setelah liburan, biasanya akan ada banyak siswa yang kehilangan semangat belajar. Hal ini wajar karena selama liburan rutinitas siswa berubah menjadi lebih banyak bermain dibandingkan belajar. Awal pembelajaran semester dua membuat anak menjadi malas karena pembelajaran di mulai setelah istirahat lama di rumah dengan kata lain libur panjang kurang lebih tiga minggu, sehingga membuat guru harus bisa membuat trik agar anak tidak malas bisa tertarik lagi dalam mengikuti pembelajaran, trik yang saya gunakan untuk menggugah semangat anak adalah dengan memutarkan sebuah film, dari pemutaran film yang sudah di tayangkan siswa di minta untuk menemukan masalah perbandingan yang muncul pada film tersebut, dan menemukan sifat karakter apa saja yang muncul pada film tersebut.

Baca juga:  Moda Daring Puisi dengan Google Classroom

Jika Bapak/Ibu sudah membuat suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan, maka langkah selanjutnya adalah memulai pelajaran dengan cara yang lebih ringan, menarik, dan menyenangkan. Pembelajaran yang ringan dan menarik dapat membantu siswa kembali beradaptasi dengan pelajaran sekolah secara lebih cepat. Siswa SMPN 12 Semarang juga tidak kaget dan stres serta menjadi lebih bersemangat untuk kembali belajar.

Perbandingan merupakan salah satu materi pembelajaran matematika di kelas VII Semester 2 yang diajarkan pertama kali sehabis liburan semester 1. Meskipun materi Perbandingan sudah pernah di dapatkan waktu siswa duduk di tingkat SD tetapi masih ada juga kesulitan yang mereka alami diantaranya apakah membedakan sebuah permasalahan yang merupakan perbandingan ataukah bukan perbandingan, membedakan permasalahan perbandingan senilai dengan perbandingan berbalik nilai

Baca juga:  Tari Tradisional di Tengah Transformasi Industri

Untuk menyelesaikan permasalahan “Bagaimana mengajarkan materi perbandingan dengan lebih mudah”. Mengingat banyaknya siswa saya yang kurang memahami cara penyelesaian soal/masalah perbandingan di buku siswa, dikarenakan siswa masih kesulitan membedakan antara perbandingan senilai dengan perbandingan berbalik nilai . Padahal perbandingan merupakan sesuatu yang sering kali dipakai dalam pekerjaan kita sehari-hari. Seorang yang akan mempekerjakan manusia tentunya akan menggunakan ilmu perbandingan, untuk membangun rumah tentunya memerlukan perbandingan, dan bahkan untuk membuat segelas siruppun sadar atau tidak sadar kita menggunakan ilmu perbandingan.

Perbandingan senilai itu adalah perbandingan yang apabila suatu nilai bukan pembandingnya ditambah maka nilai pembandingnyapun akan ikut bertambah, dan perbandingan berbalik nilai adalah suatu perbandingan yang apabila nilai bukan bukan pembandingnya ditambah maka nilai pembandingnya akan berkurang. Atau akan kelihatan jelas jika kita menerangkan kepada siswa dengan menggunakan table, jika antara kolom satu dan kolom yang satunya menunjukkan saling bertambah angkanya atau saling menurun angkanya maka hal itu dinamakan perbandingan senilai, dan apabila kolom yang satu angkanya menunjukkan naik sedangkan kolom satunya menunjukkan angkanya turun maka hal seperti ini dinamakan perbandingan berbalik nilai, sehingga sudah bisa langsung di hitung.

Baca juga:  Memahami Materi Perbandingan Matematika dengan Metode Peer Teaching

Ada cara lain apabila perbandingan senilai adalah selalu berkaitan dengan jumlah atau kuantitas dan apabila perbandingan berbalik nilai biasanya selalu berkaitan dengan kecepatan atau waktu.(gpl1/bas)

Guru SMP Negeri 12 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya