alexametrics

Pentingnya Transformasi Digital Perusahaan dan Membangun Budaya Teamwork di Tempat Kerja

Artikel Lain

Oleh: Dika Zanuar Virgantara, S.E.

RADARSEMARANG.ID – Setiap perusahaan memiliki cara yang berbeda dalam membangun manajemen, cara tersebut akan membentuk konsep budaya teamwork yang beragam, Budaya teamwork tidak dapat terbentuk dengan sendirinya melainkan dapat terbentuk dengan melibatkan Sumber Daya Manusia. Budaya teamwork adalah rancangan yang mendasari perilaku yang sering dilakukan oleh setiap individu atau sekelompok Sumber Daya Manusia yang dapat dilestarikan serta dikembangkan di suatu perusahaan tersebut guna mempertahankan efisiensi dalam bekerja.

Budaya teamwork memiliki tujuan adalah untuk meningkatkan kemampuan kerja yang jauh lebih produktif kepada karyawan, akibatnya visi serta misi suatu perusahaan mampu tercapai serta sanggup melawan segala rintangan yang hendak terjadi pada waktu yang akan datang. Maka dari itu, perusahaan dalam menjumpai rintangan yang akan datang sangat penting melakukan transformasi dikarenakan perusahaan harus mampu merespons perubahan lingkungan dan perkembangan teknologi yang pesat sehingga menuntut perusahaan untuk memiliki konsep baru dalam menjumpai segala rintangan yang hendak terjadi pada waktu yang akan datang serta dapat membagi pemikiran perusahaan pada tingkat penyerapan yang berbeda.

Baca juga:  Sikap dan Kepribadian Menarik Humas

Ketika suatu perusahaan melakukan transformasi biasanya terdapat tantangan tersendiri yaitu Mengembangkan konsep usaha baru yang sejalan dengan visi dan misi suatu perusahaan, Mengembangkan konsep strategi untuk mencipyakan model usaha baru menjadi kenyataan dan menyiapkan perangkat guna menerapkan konsep usaha supaya berhasil. Tantangan yang telah disebutkan di atas tidak terlepas dengan pentingnya teamwork yang solid, serta ada factor yang mempengaruhi budaya teamwork Transformasi Digital Perusahaan yaitu keluarnya mobilitas dan teknologi mobile serta komputasi awan sudah memudahkan karyawan dalam bekerja, meningkatnya anggota teamwork yang beragam, Kesenjangan dalam keterampilan digital pada karyawan.

Teamwork merupakan sekumpulan individu Sumber Daya Manusia yang berkolaborasi untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Sebuah teamwork akan menjadi hal yang menentukan suatu perusahaan akan berjalan dengan baik atau tidak. Karena itulah, begitu penting membangun hubungan yang terbaik dalam melakukan tanggung jawab di suatu perusahaan. Walaupun dalam membangun teamwork yang solid merupakan langkah penting, namun untuk melaksanakannya di tempat kerja tidak permasalahan yang mudah. Mempersatukan karakter Sumber Daya Manusia sebagai individu yang beragam untuk mengarah ke visi dan misi suatu perusahaan, memerlukan tenaga, strategi serta waktu sangat lama.

Baca juga:  Mengenal ATLM, Profesi Penting di Era Pandemi COVID-19

Ini sebabnya manajer sering mengadakan aktivitas khusus bagi karyawannya, dengan tujuan meningkatkan kekompakan dan hubungan antar individu Sumber Daya Manusia. Menyusun teamwork dalam sebuah perusahaan membuat Sumber Daya Manusia dapat menjadi lebih produktif serta menghasilkan hal yang terbaik untuk suatu perusahaan. Banyak ahli yang menyatakan bahwa individu Sumber Daya Manusia yang berhasil pada suatu perusahaan bergantung pada teamwork dari pada bergantung pada individu Sumber Daya Manusia yang menonjol.

Teamwork yang dinamis yaitu teamwork yang memiliki kinerja yang baik, teamwork yang menggunakan tenaga untuk menciptakan sesuatu di dalam perusahaan. Teamwork tersebut merupakan teamwork yang percaya diri, saling bergotong royong dengan yang lain, saling memberi semangat dan saling memotivasi anggotanya serta teamwork yang anggotanya memiliki kekuatan dan menggunakannya untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Dalam sebuah teamwork membutuhkan kemauan untuk saling bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan. Walaupun diantara individu sering terjadi perselisihan, namun dalam teamwork harus disingkirkan terlebih dahulu.

Baca juga:  Pandemi dan Kesiapan Belajar Kita

Cara membangun team work yang baik di tempat kerja adalah setiap team work memiliki tujuan yang jelas dengan cara melaksanakan rapat secara berkala serta mengatur komunikasi secara jujur, membangun kepercayaan sebuah teamwork yaitu dengan membentuk anggota teamwork berani mengeluarkan pendapatnya, membentuk aktivitas dengan tujuan mengakrabkan seluruh anggota teamwork dengan cara melaksanakan makan siang atau makan malam bersama teamwork secara berkala, membuat sistem penghargaan, Selalu berkomunikasi mengenai tugas yang diberikan perusahaan, melakukan pengkoreksia hasil kerja ke setiap anggota teamwork.

Selain itu teamwork yang efektif diantaranya adalah memiliki tujuan sama yaitu untuk meraih visi dan misi suatu perusahaan, selalu memiliki semangat yang tinggi, selalu memiliki peranan di suatu perusahaan serta selalu memiliki tanggung jawab, selalu melakukan komunikasi dengan teamwork, mengelola masalah dengan baik, memberi kesempatan ke anggota teamwork untuk menjadi pemimpin, memiliki keahlian yang saling melengkapi pada anggota teamwork, selalu melakukan evaluasi pada teamwork. (*/bas)

Mahasiswa Magister Manajemen UNISSULA

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya