alexametrics

Virtual Science Laboratory, Tingkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains

Oleh: Dr. Barokah Isdaryanti, S.Pd, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salah satu masalah yang menonjol dalam pembelajaran di sekolah dasar adalah kurangnya minat siswa belajar. Kegiatan belajar mengajar tidak relevan dengan lingkungan dan keterbatasan sarana pembelajaran. Hal ini berdampak proses belajar mengajar tidak dapat berjalan optimal.

Semenjak pembelajaran dari rumah, pembelajaran hibrid di sekolah terdapat banyak tantangan. Di antaranya siswa cepat bosan karena belum bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi baru. Siswa cenderung mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran. Karena pembelajaran masih belum dikembangkan menjadi pembelajaran yang inovatif dan bermakna. Sehingga belum dapat memecahkan masalah tersebut. Keterampilan proses IPA pada siswa masih tergolong rendah.

Rendahnya keterampilan proses sains anak sekolah dasar dapat dilihat dari sebagian besar anak belum mampu mengidentifikasi ciri suatu benda, mengidentifikasi persamaan dan perbedaan benda, belum mampu menggolongkan benda atau peristiwa sesuai kriteria pengelompokkan.

Pada keterampilan memprediksi, sebagian besar anak belum mampu memprediksi, sedangkan dalam keterampilan mengkomunikasikan, anak belum mampu menyampaikan pengetahuannya baik kepada guru dan temannya. Permasalahan tersebut muncul karena belum tersedianya media pembelajaran yang bersifat menyenangkan dan bisa memfasilitasi siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA siswa.

Baca juga:  Tahapan Pemilihan Rektor Unnes Mulai Maret

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas V SD Negeri Sekaran 01, guru telah menggunakan media yang bervariasi dalam pembelajaran muatan pelajaran IPA menggunakan platform Edmodo. Tapi belum diterapkan untuk pembelajaran berupa praktikum sederhana. Pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa perlu ditingkatkan.

Guru dan siswa kelas V membutuhkan pengembangan media pembelajaran yang menunjang pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang dapat mendukung peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA siswa yaitu Virtual Science Laboratory berbasis Edmodo.

Virtual science laboratory berbasis Edmodo menghadirkan media pembelajaran berbasis electronic learning (e-learning) yang berisi kegiatan-kegiatan praktikum IPA di sekolah dasar secara virtual.

Media ini dikembangkan untuk dapat menstimulasi pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA siswa. Sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan akan berdampak positif terhadap hasil belajar baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Baca juga:  Optimalkan Kualitas Hidup Pasien Penyakit Ginjal Kronis di Era Pandemi

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat kebutuhan media yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA siswa kelas V SD.

Laboratorium Virtual adalah sekumpulan alat laboratorium berupa multimedia interaktif perangkat lunak komputer berbasis yang beroperasi dengan perangkat keras komputer dan dapat mensimulasikan aktivitas di laboratorium seolah-olah pengguna berada di laboratorium yang sebenarnya. Multimedia interaktif berarti perangkat dilengkapi dengan alat pengontrol yang dioperasikan pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya.

Laboratorium virtual merupakan situasi interaktif sains dengan bantuan aplikasi pada komputer berupa simulasi percobaan sains. Laboratorium virtual ini cukup digunakan untuk membantu proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan pemahaman materi pada siswa, dan juga cocok digunakan untuk mengantisipasi terhadap ketidaksiapan laboratorium nyata (Sutrisno, 2011).

Baca juga:  Manajemen Strategis Pendidikan Agama Islam Jadi Keharusan

Media Virtual Science Laboratory berbasis Edmodo dapat mengakomodir siswa dan guru di SD Negeri Sekaran 01 sebagai salah satu alternatif media pembelajaran muatan pelajaran IPA dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan siswa SD kelas V.

Media Virtual Science Laboratory merupakan media berbasis Edmodo yang dapat diakses menggunakan android maupun komputer meja. Alasan dipilihnya kedua alat bantu tersebut adalah karena mudah dibawa, berisi banyak aplikasi, sehingga memudahkan siswa untuk melakukan banyak tugas sekaligus dan dapat di install dengan mudah.

Hasil penelitian penulis dan tim menunjukkan media pembelajaran Virtual Science Laboratory berbasis Edmodo dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa. Selain itu dapat digunakan untuk menstimulasi motivasi, memperkuat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dengan melaksanakan kegiatan praktikum pada mapel IPA. (rn1/fth)

Dosen PGSD FIP Universitas Negeri Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya