alexametrics

Berani Melapor Kasus Bullying

Oleh: Dzakiyyah Azizah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Istilah bullying sudah tidak asing lagi di telinga kita, terutama di lingkungan sekolah. Bullying dalam bahasa Indonesia dikenal dengan perundungan. Dikutip dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, bullying adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Namun seringnya, bullying dilakukan secara berkelompok. Kalaupun diketahui secara pribadi, biasanya akan tetap ada back up di belakang pribadi tersebut. Bisa dibilang pribadi tersebut adalah ketua kelompok pembully.

Bullying biasanya dilakukan dengan menyakiti fisik ataupun psikologis. Perlakuan menyakiti fisik bisa berupa memukul, mendorong, menendang, menjambak dan bisa juga dalam bentuk tindakan yang lainnya. Perlakuan menyakiti secara psikologis bisa berupa mengejek, menghina, mengolok-olok dan lain sebagainya.

Baca juga:  Potensi Kopi Lokal Temanggung sebagai Inovasi Terapi Herbal

Biasanya bullying dilakukan oleh pembully di tempat yang tersembunyi agar tidak ada orang lain yang melihat sehingga pembully akan merasa aman. Pelaku akan merasa panik dan cemas apabila mereka ketahuan melakukan bullying kepada orang lain. Tak jarang, bila ada yang melihat pelaku melakukan bullying, akan membully oknum yang melihatnya.

Pembully juga bisa ikut membully oknum yang menolong korbannya. Maka, bullying tidak akan pernah bisa ditoleransi keberadaannya di manapun itu, oleh alasan apapun itu. Karena tidak ada yang membenarkan “menyakiti orang lain” dengan cara apapun itu. Bullying sangat tidak menguntungkan baik bagi korban maupun pelaku. Bullying tidak pernah memunculkan efek positif dalam konteks apapun.

Bullying harus segera dibasmi. Karena masih banyak kasus bullying yang belum terungkap. Biasanya, korban tidak berani mengungkap perlakuan buruk yang mereka dapatkan karena diancam oleh pelaku. Atau merasa malu untuk mengungkapkan kepada pihak lain. Bisa juga karena tidak tahu harus menyampaikan kepada siapa.

Baca juga:  Pertanian dan Big Data

Bahkan ada yang merasa takut dikasihani jika orang-orang mengetahui bahwa mereka adalah korban bullying. Korban takut orang-orang berpikir, dirinya lemah. Juga takut terhadap pandangan orang lain yang akan didapat setelah mengetahui menjadi korban perundungan. Namun faktanya, seseorang yang pernah mengalami perundungan adalah orang yang sangat kuat. Mereka menahan rasa sakit fisik maupun mental sendirian. Mereka masih terus bertahan dengan kekuatan mereka sendiri.

Salah satu cara untuk membasmi bullying adalah kita harus berani melapor atau bercerita jika mendapatkan perlakukan bullying, ataupun melihat kasus bullying. Melapor atau bercerita adalah hal yang sangat tepat untuk mengatasi bullying.

Kita akan dilindungi, dan pelaku akan segera ditangani. Melapor atau bercerita juga bisa mengurangi persentase kemungkinan si pelaku akan membully orang lain. Kita harus ingat apabila kita melapor, tidak akan dirugikan.

Baca juga:  Meningkatkan Jiwa Wirausaha Siswa dengan Project Based Learning

Sekalinya kita sudah mendapat ancaman, kita tetap aman, karena melaporkan bukan berarti kita kalah. Kita akan mendapatkan ketenteraman. Melaporkan tindakan yang buruk merupakan perbuatan yang hebat, disamping mengatasi juga berfungsi mencegah.

Oleh sebab itu, kita harus berani mengungkap perlakuan bullying yang terjadi pada diri kita maupun yang dialami orang lain dengan melapor kepada pihak yang berwajib. Kalau di lingkungan sekolah kita bisa lapor kepada bapak ibu guru atau wali kelas. Bisa juga langsung kepada kepala sekolah.

Mari kita bersama-sama memberantas kasus bullying yang terjadi baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat dengan berani melapor atau bercerita kepada pihak yang berwenang. Bullying tidak boleh terjadi lagi agar hidup menjadi aman dan nyaman. (p8/lis)

Siswi SMA Negeri 8 Purworejo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya