alexametrics

Humas Optimalkan Pelayanan Prima Berkarakter

Oleh: Khusnul Khotimah, SH., M.PdI

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BIDANG kehumasan yang dalam keseharian lengket dengan pelayanan publik diharapkan dapat semakin meningkatkan pelayanan prima berkarakter.

Humas disemua sektor menerapkan teknik komunikasi yang efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Teknik dalam memberikan pelayanan prima, bagaimana sstyle komunikasi dan peningkatan hubungan dengan masyarakat sehingga mampu menangani dan menanggapi dengan baik apa yang menjadi keluhan masyarakat.

Bidang kehumasan harus mempunyai building positive attitude yang berupa mencintai pekerjaan, memberikan yang terbaik, serta fokus pada satu tujuan menjadi fondasi kesuksesan dalam menjalankan pekerjaan.

Pelayanan prima berkarakter sebagai wujud kerja nyata bidang kehumasan dalam membangun keinginan, kepercayaan diri, sikap adaptif, dan optimisme.

Dalam pelayanan publik berkarakter sangat dibutuhkan adanya komunikasi efektif dalam membangun kesepemahaman, koordinasi yang baik untuk penyelesaian masalah, pengambilan keputusan, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan produktivitas, relasi yang kuat, dan citra profesional lembaga.

Humas disemua sektor tidak hanya membutuhkan kecerdasaan dalam berkomunikasi, akan tetapi juga harus mempunyai kemampuan mendengarkan untuk memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang disampaikan dan memberikan tanggapan serta solusi yang sesuai dan tepat sasaran.

Pelayanan prima berkarakter menjadi point diferensiasi dan keunggulan serta memberikan kepuasan kepada masyarakat yang berimplikasi pada publikasi positif bagi lembaga atau instansi. Kualitas layanan bidang kehumasan memiliki peran besar untuk menciptakan kepuasan masyarakat serta medukung kelangsungan pelayanan dalam lembaga.

Masyarakat yang saat ini hidup ditengah pesatnya perkembangan tehnologi dan informasi, harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, dan pada saat yang sama juga harus memiliki mentalitas karakter yang kuat dan kokoh. Sehingga sangat dibutuhkan penguatan dari dalam diri masyarakat agar dapat terus berkembang dan terhindar dari distorsi budaya yang tidak sejalan dengan nilai-nilai agama dan budaya bangsa.

Dalam era transparansi dan perkembangan teknologi informasi sangat penting sekali humas dalam memberikan pelayanan prima berkarakter. Mengingat digitalisasi ini telah menjadikan masyarakat lebih kritis, dinamis dan cenderung terjadi perubahan yang cepat di masyarakat.

Dengan adanya kondisi seperti ini menuntut lembaga untuk mengakomodir dan melayani keinginan masyarakat dalam memperoleh berbagai data dan informasi. Untuk itu sangat dibutuhkan bidang kehumasan yang handal dalam mengimbangi arus informasi di masyarakat sehingga pelayanan publik terlaksana dengan baik dan juga mampu memberikan dampak positif dan memberikan nilai kebermanfaatan bagi masyarakat.

Pelayanan publik berkarakter kehumasan diharapkan dapat menciptakan citra lembaga (corporate image) menjadi semakin lebih baik serta secara aktif melakukan sosialisasi dan publikasi kegiatan kepada masyarakat atau kepada media baik cetak atau elektronik.

Sehingga peran humas dalam pelayanan kepada masyarakat dapat diketahui oleh masyarakat disamping sebagai perimbangan terhadap berita-berita yang tidak terpercaya, humas juga sebagai pemberi informasi atau berita yang terjamin keakuratannya, cepat, dan tepat.

Bidang kehumasan disemua sektor secara optimal dapat memberikan pelayanan data dan informasi yang transparan, profesional dan berkredilibitas akan memberikan kontribusi positif bagi akuntabilitas lembaga di mata masyarakat. Fungsi kehumasan dalam struktur organisasi menjadi lebih signifikan, peran kehumasan dapat berjalan lebih profesional sehingga dapat tercapainya pelayanan yang prima berkarakter kepada masyarakat.

Bidang kehumasan sangat penting dan urgen dalam upaya mewujudkan lembaga yang memiliki citra positif, bersih dan berwibawa. Dalam mewujudkan semua hal tersebut, maka humas memiliki peran strategis dan merupakan garda terdepan dalam mewujudkan suatu lembaga yang memiliki citra positif, baik lewat publikasi, informasi, dan pemberitaan.

Pelayanan prima berkarakter harus diimplementasikan seoptimal mungkin bagi bidang kehumasan dalam mewujudkan humas yang cerdas, handal dan juga berkarakter mulia. (*/zal)

Humas Kementerian Agama Salatiga

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya