alexametrics

Inovasi Polrestabes Semarang dalam Meningkatkan Transformasi Pelayanan Publik di Era Industri 4.0

Oleh: Brigtar Yuandhika Kresna Sang Damar No.AK .18.146

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PERKEMBANGAN dunia digital semakin pesat. Semua serba online. Kondisi tesebut menuntut kepolisian sebagai pelayan publik untuk lebih responsif dalam memberi pelayanan. Dunia saat ini sedang menghadapi perubahan industri ke-4 atau yang dikenal dengan Industri 4.0.

Dalam rangka mendukung pelayanan yang prima, pihak Polrestabes Semarang tidak hanya mengandalkan pelayanan tatap muka dengan masyarakat, namun juga memberikan kemudahan akses untuk menjangkau seluruh kepentingan masyarakat. Sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan dari kepolisian dapat terpenuhi dengan optimal, cepat dan tanggap. Selain itu, sebagai wujud nyata menuju transformasi Polri yang Presisi dan menciptakan pelayanan publik prima, Polrestabes Semarang meluncurkan aplikasi online yang memiliki banyak fitur. Aplikasi itu untuk mendukung revolusi industri 4.0.

Baca juga:  Digitalisasi Tugas Kepolisian menuju Polri yang Presisi

Aplikasi layanan Polrestabes Semarang ini, secara terus menerus diawasi dan dievaluasi kualitasnya, agar tidak hanya menjadi jargon belaka. Sehingga pelayanan bisa secara nyata dirasakan oleh masyarakat. Hal ini ditegaskan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meresmikan Gedung Presisi Polres Kota Tangerang pada 4 Juni 2021 lalu, yang memberikan keterangan bahwa agar pelayanan publik prima di tubuh Polri benar-benar bisa dieksekusi dan direalisasikan.

Transformasi pelayanan publik yang menitikberatkan pada moderenisasi sarana prasarana sentra pelayanan kepolisian dengan didukung sistem manajemen mutu yang terintegrasi big data, teknologi komunikasi, dan sistem komunikasi publik, serta manajemen media yang baik.

Saat ini pelayanan online di Polrestabes Semarang bisa diakses lebih mudah, cepat, dan sederhana serta transparan. Prosedurnya pun sederhana. Aplikasi ini terdapat beberap layanan, seperti akses layanan informasi, pengaduan, dan partisipasi. Masyarakat tidak perlu datang ke kantor-kantor pelayanan. Semua bisa terlayani dengan baik secara online.

Baca juga:  Menggeluti Vlog Investasi Cerdas Berkarakter selama Pandemi

Petugas pelayanan Polrestabes Semarang bukan hanya dituntut untuk menemukan ide dan gagasan yang inovatif, tapi juga dituntut inovatif dalam membuat produk standar pelayanan publik. Mulai regulasi, mekanisme, petunjuk teknis, dan tupoksi petugas pelayanan publik Polrestabes Semarang.

Kemampuan tersebut merupakan petunjuk mengenai penggunaan jasa pelayanan. Sehingga antara produk yang diimplimintasikan sesui dengan pedoman yang dibuat sebelumnya. Sehingga penerapan sistem digital dapat terintegrasi dengan penerapan pelayanan yang diharapkan oleh pengguna jasa pelayanan di Polrestabes Semarang.

Inovasi sistem yang dihasilkan merupakan produk pembenahan dan penyempurnaan teknologi yang dimiliki Polrestabes Semarang. Sehingga keberadaan revolusi industry 4.0 memberikan dampak yang signifikan dalam pelayanan Polrestabes Semarang. Diharapkan layanan online ini dapat membantu secara cepat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat luas. (*/zal)

Baca juga:  Berlebih dalam Membayar Fidyah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya