alexametrics

Humas Optimalisasikan Pemanfaatan Webinar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Webinar. Kata itu sudah tidak asing lagi dan sudah familier dalam kehidupan publik. Seiring berkembangnya teknologi, kini masalah bisa semakin mudah diatasi, terlebih dalam bidang penyebaran informasi. Humas dapat menggunakan webinar sebagai salah satu opsi baru dalam menyebarkan informasi terkini.

Webinar merupakan tempat dalam mengumpulkan leads. Layaknya mengumpulkan sebuah anggota dengan sebuah kesamaan. Melalui webinar humas bisa mendapatkan orang-orang yang tertarik dengan berbagai informasi. Respons masyarakat atau publik sebagai orang yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi yang humas akan sampaikan akan terlihat dari keikutsertaan dan keaktifan dalam mengikuti webinar. Dengan adanya webinar akan membantu bidang kehumasan dalam mengumpulkan feedback. Jika bidang kehumasan ingin mengetahui seperti apa hasil tanggapan masyarakat terhadap program-program yang sudah laksanakan, maka dapat diberikan kuesioner melalui webinar.

Baca juga:  Pembelajaran Jarak Jauh Agar Efektif di Masa Pandemi

Dengan memilih webinar sebagai media berbagi informasi, maka humas dalam semua sektor tidak perlu bertatap muka secara langsung. Meski demikian, bidang kehumasan tetap bisa mengadakan sebuah seminar dengan jumlah peserta yang melebihi target perkiraan. Untuk itu, sebelum menjalankan webinar, humas juga perlu mempekirakan dahulu seperti apa cara dalam menyusun webinar agar berhasil menarik target dengan tepat sasaran.

Humas dalam optimalisasi pemanfaatan webinar juga harus memperhatikan penyusunan konsep webinar. Setelah humas berhasil menyusun konsep webinar dengan menarik, maka humas juga perlu menyiapkan profil untuk meyakinkan para peserta atau masyarakat yang nantinya akan mengikuti webinar. Apapun jenis webinar yang dijadikan pilihan, perlu diingat bahwa semuanya harus dipersiapkan dengan matang sehingga humas dapat menghadirkan webinar dengan hasil akhir yang maksimal dan juga memuaskan baik untuk humas sendiri maupun masyarakat sebagai peserta webinar. Hasil akhir yang memuaskan ini akan sangat berpengaruh dan membuat masyarakat semakin percaya terhadap humas.

Baca juga:  Permudah Pembuatan Paspor untuk Umrah

Humas sebagai pihak yang dekat dengan informasi maupun dekat dengan publik atau masyarakat dalam masa new normal life ini diharapkan dapat selalu menjaga kepercayaan masyarakat dan dapat lebih dekat dengan masyarakat meskipun tanpa tatap muka secara langsung. Humas dapat mengaktifkan kelas-kelas webinar dengan memberikan berbagai informasi berdasarkan kelompok informasi sehingga dalam penyampaiannya masyarakat dapat berfokus pada topik atau tema informasi yang akan disampaikan.

Selain itu webinar ini tentu saja diharapkan tidak memberatkan masyarakat sehingga masyarakat dari berbagai kalangan dapat mengikuti untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Humas yang kompeten akan mempunyai kreativitas dan inovasi dalam membangun pola komunikasi dengan masyarakat dalam khususnya situasi new normal life ini. Yang mana sebelumnya melakukan komunikasi tatap muka secara langsung, saat ini melakukan penyebaran informasi dan kegiatan interaktif komunikasinya dengan menggunakan sistem online atau virtual, pemanfaatan media sosial serta mengaktifkan kelas-kelas webinar sehingga humas akan selalu menjadi pendamping masyarakat dalam berbagai situasi dan kondisi. (*/ton)

Baca juga:  Berdakwah melalui Digital

Humas Kementerian Agama Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya