alexametrics

Alat Peraga sebagai Media Pembelajaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, ALAT peraga merupakan bagian dari media  pembelajaran istilah media perlu dipahami lebih dahulu sebelum dibahas mengenai alat peraga lebih lanjut. Media pembelajaran diartikan semua benda sebagai alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun diluar kelas yang menjadi perantara terjadinya proses belajar, dapat berwujud perangkat lunak atau maupun perangkat keras. Berdasarkan fungsinya media pembelajaran dapat berbentuk alat peraga dan sarana pembelajaran.Dari uraian-uraian di atas jelaslah bahwa pengertian alat peraga pendidikan adalah merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, ketrampilan  dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada siswa.

Melalui penggunaan alat peraga, hal-hal yang abstrak dapat disajikan dalam bentuk konkrit yang dapat dilihat, dipegang, dicoba sehimgga dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Fungsi utama alat peraga itu sendiri adalah untuk memperjelas keabstrakan konsep yang diberikan oleh guru agar siswa mampu menangkap arti dari konsep abstrak tersebut , hal ini akan lebih mudah menggunakan alat peraga. Sebagai contoh pada siswa SMK Teknik Pemesinan menggunakan alat peraga hidrolis yang dapat digunakan sebagai media dan alat belajar praktek untuk memahami cara kerja hidrolis yang banyak digunakan pada berbagai macam peralatan terutama untuk alat berat contohnya pada escavator.

Baca juga:  Media Gambar Mudahkan Siswa Pahami Ciri-Ciri Khusus Hewan

Dari segi pengadaannya, alat peraga dapat dikelompokkan sebagai alat peraga sederhana dan alat peraga buatan pabrik. Pembuatan alat peraga sederhana biasanya dimanfaatkan  dilingkungan sekitar dan dapat dibuat sendiri. Penggunaan alat peraga cara kerja hidrolis bisa dimasukkan alat peraga yang sederhana dan juga yang ada buatan pabrik. Untuk yang sederhana  bisa kita buat sendiri dari bahan spuit sebagai alat piston sederhana untuk menghisap dan memompa cairan meskipun cairan itu bukan oli tapi dari air. Sedangkan alat peraga buatan pabrik pada umumnya berupa peralatan yang dibuat dengan mesin   yang pembuatannya memiliki katelitian ukuran serta memerlukan biaya tinggi untuk proses pembuatannya.

Terkadang suatu media dapat berfungsi ganda, pada saat tertentu berfungsi sebagai alat peraga dan pada saat yang lain dapat berfungsi sebagai sarana. Maka dari itu dalam penggunaannya alat peraga untuk pembelajaran harus disesuaikan dengan keadaan dan diperlukan teknik yang tepat, yaitu dengan mempertimbangkan waktu penggunaan dan tujuan yang akan dicapai.Apabila ditinjau dari segi wujudnya, alat peraga  dapat dikelompokkan ke dalam alat peraga benda asli dan benda tiruan.  Bila bendanya yang asli digunakan sebagai alat peraga maka disebut alat peraga benda asli, contohnya : roll plat , berbagai macam bentuk  pahat ,pneumatic ,  hidrolik dll. Sementara itu alat peraga yang bukan dari benda asli atau alat peraga atau benda tiruan, contohnya : gambar pahat , gambar macam bentuk benda kerja dan sebagainya

Baca juga:  Study Komparatif: Indonesia Bercermin dari Pendidikan di Finlandia

Pada dasarnya siswa belajar melalui benda atau objek konkret. Untuk memahami konsep abstrak siswa memerlukan benda-benda konkret sebagai perantara atau visualisasinya. Konsep abstrak itu dicapai melalui tingkat-tingkat belajar yang berbeda-beda. Bahkan, orang dewasa pun yang pada umumnya sudah dapat memahami konsep abstrak, pada keadaan tertentu, sering memerlukan visualisasi.Belajar siswa akan meningkat bila ada motivasi. Karena itu dalam pengajaran diperlukan faktor-faktor yang dapat memotivasi siswa belajar, bahkan untuk pendidik,  misalnya : pengajaran supaya menarik,  sikap guru yang ramah, suasana sekolah bagi guru menyenangkan, ada imbalan bagi guru yang berprestasi, dan lain-lain, yang semuanya tadi akan berakibat mutunya penyelenggara pendidikan dan menghasilkan anak didik yang diharapkan. (*/bas)

Baca juga:  Sektor Pariwisata Indonesia di saat Pandemi

Guru SMK Negeri 1 Windusari Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya