alexametrics

Tingkatkan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Inggris dengan Teknik Directed Reading Thinking Activity

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Keterampilan membaca teks bahasa Inggris adalah salah satu keterampilan berbahasa yang paling banyak diajarkan di kelas 9 karena kaitannya dengan soal Ujian Nasional (UN) yang didominasi oleh soal berdasarkan teks. Beberapa indikator keterampilan membaca yang perlu dikuasai siswa kelas 9 yaitu menentukan ide pokok teks di paragraf, menentukan tujuan teks, menentukan informasi rinci tersurat dan tersirat, menebak persamaan kata, menentukan rujukan kata dan, menentukan nilai moral. Berdasarkan hasil pretest siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Jumo awal semester 1 tahun pelajaran 2018-2019, keseluruhan indikator keterampilan membaca sebagaimana disebutkan mencapai nilai kurang dari 50%.

Untuk mengatasi permasalahan masih kurang mampunya siswa mencapai indikator pencapaian memahami teks, penulis menerapkan teknik Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Menurut Burns dalam buku Camp (2000: 404) DRTA merupakan perencanaan umum dalam mengarahkan pembaca untuk membaca langsung pada tujuan yang ingin dicapai, mendorong pembaca untuk berpikir saat membaca, memperkirakan dan mengecek perkiraan mereka. Stauffer dalam buku Barrera, Liu, Thurlow and Chamberlan (2006: 3) menambahkan, DRTA merupakan sebuah pendekatan untuk mengatasi permasalahan dalam hal membaca melalui memperkirakan teks yang dibaca dan menemukan bukti yang mendukung perkiraan tersebut. Dari teori yang disampaikan oleh Burns dan Stauffer dapat disimpulkan bahwa DRTA merupakan sebuah teknik/strategi pengajaran yang berisikan siklus memperkirakan, membaca, dan mengonfirmasi yang digunakan untuk mendorong kewaspadaan siswa dalam membaca sehingga dapat menentukan tujuan mereka dalam membaca dan mendorong siswa untuk bisa memantau diri sendiri agar mereka terlibat aktif dalam membaca.

Baca juga:  Pengaruh Teman dalam Prestasi Belajar Siswa

 

Berdasarkan teori di atas, penerapan DRTA yang dilakukan pertama oleh penulis selaku guru dalam pembelajaran adalah menjelaskan jenis teks, unsur bahasa dan struktur teks. Kemudian guru menjelaskan indikator pertanyaan berkaitan dengan teks, yaitu: tujuan teks, informasi rinci tersurat dan tersirat, topik teks dan ide pokok paragraf, rujukan kata, dan persamaan kata. Guru memberikan contoh pertanyaan yang sering muncul untuk masing-masing indikator dan strategi dalam menjawabnya. Setelah penjelasan, guru memberikan 3 kali latihan untuk masing-masing indikator.

 

Latihan pertama, guru memberikan soal yang dijawab bersama dengan siswa. Latihan kedua, guru memberikan tugas individu yang saat siswa mengerjakan tugas, guru berkeliling kelas mengecek jawaban siswa. Hasil jawaban siswa dibahas bersama dan siswa diminta untuk jujur mengacungkan tangannya apabila jawaban mereka masih salah. Dari kegiatan pembahasan ini guru dapat mengecek kemampuan siswa dalam mengidentifikasi indikator pertanyaan dan strategi mereka dalam menjawab pertanyaan. Latihan ketiga, penulis mengoreksi sendiri jawaban siswa. Dengan mengoreksi sendiri, guru dapat lebih mengetahui dan menganalisa indikator pertanyaan yang masih belum dikuasai siswa.

Baca juga:  Isra Mikraj, Tafsir Surah Al Isra Ayat 1

 

Teknik DRTA ini cukup berhasil diterapkan karena siswa paham akan indikator pertanyaan teks dan memiliki strategi yang efektif dalam menjawab pertanyaan sebagaimana yang telah diajarkan dan dilatih oleh penulis. Penerapan teknik DRTA ini menunjukkan hasil yang positif. Kemampuan siswa dalam mencapai indikator pertanyaan keterampilan membaca meningkat dan dapat mencapai di atas 50%. Hal ini dibuktikan dengan nilai Ujian Nasional bahasa Inggris siswa yang mampu mencapai rata-rata 62,97. (kld/ton)

 

 

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Jumo Kabupaten Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya