alexametrics

Era Digitalisasi, Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Aplikasi Online dan Pembayaran Cashless

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Dampak negatif dari pandemi Covid-19 terutama pada sektor UMKM, adanya aturan ketat dan pembatasan kegiatan masyarakat membuat UMKM belum siap akan kondisi tersebut sehingga mengakibatkan banyaknya UMKM yang gulung tikar.

Sebagai solusi akan permasalahan tersebut UMKM dituntut beradaptasi menggunakan teknologi digital untuk melanjutkan keberlangsungan kegiatan usaha.

Layanan transaksi jual-beli yang dilakukan secara online dapat menghubungkan antara konsumen dan pembeli tanpa kontak fisik. Melalui teknologi digital diharapkan kegiatan perekonomian maupun UMKM perlahan lahan dapat bertahan dan bangkit di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Penggunaan aplikasi online seperti Shopee dan Gojek berdampak positif bagi UMKM, dikarenakan aplikasi tersebut sering memberikan keuntungan kepada pembeli berupa cashback maupun gratis ongkir sehingga meningkatkan daya beli konsumen terhadap UMKM.

Baca juga:  Pro dan Kontra Masyarakat Ekonomi ASEAN

UMKM yang bermitra dengan aplikasi tersebut dapat merasakan jangkauan pasar yang lebih luas, dibandingkan dengan UMKM konvensional yang mengandalkan promosi masyarakat pembeli sekitar UMKM.

Adanya gaya hidup baru atau New Normal ditengah pandemi Covid-19 yang mengutamakan akan kesehatan, salah satunya yaitu gaya hidup masyarakat dalam bertransaksi melalui nontunai atau cashless. Dengan pembayaran nontunai atau cashless dapat menghindarkan kontak fisik melalui perantara uang tunai.

Terkait hal itulah, KKN Tim 1 UNDIP, melakukan sosialisasi pemanfaatan teknologi digital, untuk menunjang usaha UMKM “Aneka Penyetan Mbak Lekah” yang berlokasi di kelurahan Kalipancur Rt 06 Rw 06, Kota Semarang.Saya memberikan sosialisasi sekaligus membimbing pemilik usaha UMKM untuk menggunakan media sosial, dalam memasarkan produk-produk yang di hasilkan, selain itu juga menggunakan teknologi digital dalam transaksi non tunai atau cashless, sekaligus membantu pemerintah menerapkan Prokes, mengurangi kontak fisik.

Baca juga:  Mengenal Komplikasi Diabetes Mellitus Pada Mata

Dengan di dampingi dosen pembimbing, Dr.rer.nat. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng, yang memberi arahan melalui media online whatsapp dan microsoft teams, penulis sangat terbantu dalam melaksanakan kegiatan KKN Tim 1 UNDIP, khususnya ketika mengalami kendala di lapangan, saat turun ke lapangan melakukan sosialisasi ke pelaku UMKM. (*)

Oleh: Hardiachman Yoga Muhammad, Mahasiswa Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.

Dosen Pembimbing: Dr. Rer.nat. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng

Lokasi KKN : Kelurahan Kalipancur RT 06, RW 06, Kota Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya