alexametrics

Mahasiswa KKN Tematik Unissula Edukasi Masyarakat Terkait Pencegahan Stunting

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) yang tergabung dalam KKN Tematik periode XIII kelompok 54 melakukan sosialisasi pencegahan stunting pada anak di Kelurahan Tambakrejo, Gayamsari, Kota Semarang.

Sosialisasi ini ditujukan kepada ibu-ibu kader posyandu di aula Kelurahan Tambakrejo pada Sabtu (29/1). Tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat tahu pentingnya pencegahan stunting dan bagaimana mengenali gejala stunting, serta dampak jangka panjang stunting yang terjadi pada anak.

“Karena anak merupakan aset berharga bagi sebuah bangsa dan negara,” kata Dosen Fakultas Kedokteran Unissula, sekaligus Dosen Pembimbing KKN Kelompok 54, Dr Rita Kartika Sari, S.KM., M.Kes.

Rita menambahkan, saat ini KKN Tematik masih dilaksanakan secara mandiri di wilayah masing-masing. Sistem tersebut untuk mencegah adanya mobilitas yang dikhawatirkan akan memicu meningkatnya angka kasus Covid-19.

Baca juga:  Atasi Asam Urat dengan Jamu Saintifik

Pihaknya telah melakukan penyuluhan pencegahan stunting pada anak dengan cara menempelkan poster informasi di tempat-tempat strategis. Tak hanya itu, mereka mengedukasi masyarakat mengenai pencegahan stunting dengan cara membuat video edukasi yang diupload melalui media sosial Instagram, Facebook dan kanal Youtube KKN Tematik Periode XIII Unissula kelompok 54 kelurahan Tambakrejo.

Pihaknya berharap, sosialisasi yang dilakukan baik secara langsung maupun melalui media ini, dapat mencegah stunting dan juga meningkatkan status gizi pada anak.

“Sehingga kejadian stunting akan dapat dicegah sejak dini dan akan tercipta generasi emas harapan bangsa,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang Jumat (4/2).

Semua program yang dilakukan tersebut dibimbing oleh Dr. Rita Kartika Sari, S.KM., M.Kes selaku dosen pembimbing lapangan. Kegiatan KKN Tematik Periode XIII ini berlangsung selama 15 hari, terhitung sejak 17 Januari hingga 2 Februari 2022. (sct/fgr/zal)

Baca juga:  FAI Unissula Siapkan Mahasiswa Jadi Generasi Terbaik

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya