alexametrics

SMK Mataram Menuju Pusat Keunggulan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Menghadapi  persaingan di era 4.0,  SMK Mataram siap menjadi SMK Pusat Keunggulan 2021. Hal tersebut ditandai dengan pelaksanaan program Center Of Excellent (COE) sektor Hospitality 2020.

Program tersebut  dicanangkan  oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat  Jenderal Pendidikan  Vokasi. Diseleksi oleh Direktorat SMK.

Kepala SMK Mataram Sri Sugianto mengatakan, SMK Pusat Keunggulan merupakan kelanjutan dari program SMK COE tahun 2020.

SMK Pusat Keunggulan merupakan program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud tahun 2021, sebagai upaya pengembangan SMK dengan keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja.

“Sesuai dengan visi SMK yakni menghasilkan  lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha,” katanya.

Baca juga:  Bentuk Pendidikan Karakter Positif

Mewujudkan SMK Mataram sebagai SMK  Pusat Keunggulan 2021, pihaknya telah menyiapkan delapan langkah, yakni Kurikulum di sesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, pembelajaran berbasis project rill dari dunia kerja, jumlah dan peran guru/instruktur dari industri dan  ahli dari dunia kerja di tingkatkan. Kemudian, praktik kerja lapangan/industri, sertifikasi kompetensi, update teknologi dan pelatihan bagi guru.

“Selain itu, riset terapan mendukung teaching factory, serta komitmen serapan lulusan oleh dunia kerja,” terangnya.

Pihaknya juga mempertajam dan mengembangkan program kewirausahaan. Selain itu, SMK Mataram juga memiliki kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Tata Busana dengan dukungan kelas industri Indomobil  Group dan Anne Avantie. “Tahun ini kita siap menampung sembilan rombel,” pungkasnya. (zen/adv/zal)

Baca juga:  SMK Mataram Semarang Gelar IHT Implementasi Kurikulum SMK Pusat Keunggulan

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya