alexametrics

PBMT Institute MoU dengan Unissula

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – PBMT Institute melakukan penandatangan kerjasama (MoU) dengan Rektor Universitas Sultan Agung (Unissula) terkait kerjasama dalam bidang pendidikan, di ruang Gedung Biro Rektor, Senin (21/12/2020). Kegiatan tersebut juga dilakukan secara daring diikuti oleh 322 anggota yang tersebar di sembilan provinsi yang sebarannya di 926 kantor mulai dari Marauke sampai dengan Aceh.

Direktur PBMT Institute Kartiko Adi Wibowo mengatakan kerjasama ini untuk menselaraskan antara dunia pendidikan dengan dunia industri. Terutama dalam bentuk kurikulum di Unissula. “Harapannya, lulusan Unissula bisa sesuai kebutuhan industri. Karena telah dilakukan keselarasan antara produk, SDM dengan kebutuhan industri,” katanya.

Adi menambahkan, PBMT Institute merupakan lembaga yang ditugasi oleh Perlindungan BMT untuk melakukan proses pengembangan, pembangunan sumber daya BMT di seluruh Indonesia. “Dengan kerjasama antara lembaga pendidikan dan PBMT, memudahkan lulusan terserap oleh pasar. Bagi pelaku industri, lulusan yang kompeten sesuai dengan yang diharapkan,” imbuhnya.

Baca juga:  Ayah Bagas Bagus Diminta Relawan Calonkan Diri Jadi Kades

Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD mengatakan Unissula akan mengembangkan sektor UMKM kelas kecil, menengah dan besar. “Harapannya Lulusan kami bisa diajari di dunia industri dan bisa membesarkan,” katanya.

Dekan Fakultas Ekonomi Prof Olivia Fachrunnisa SE M.Si Ph.D mengatakan ada beberapa hal yang dikerjasamakan untuk mengintegrasikan kurikulum dari prodi S1 dan D3 yang dimiliki dan ada beberapa hal yang diperlukan oleh PBMT Institute. “Kami berharap, lulusan kami bisa berkontribusi pada pengembangan Islamic Micro Finance (IMF) sehingga gap antara kebutuhan industri dengan apa yang kami ajarkan di semua prodi semakin mengecil,” katanya.

Menurutnya ada tiga prodi, yakni S1 Manajemen, S1 Akutansi dan D3 Akutansi yang akan bekerjasama dengan PBMT Institute. Yakni dengan mendelegasikan kurikulum, memberikan pemagangan kepada mahasiswa dan bisa memenuhi SDM dari PBMT Institute. “Sehingga kedua belah pihak bisa terjalin kerjasama yang saling menguntungkan,” katanya. (hid/sct/ida)

Baca juga:  Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Dibuka Lagi 8 Juni

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya